Simak Kiat Gunakan Hair Dryer tapi Tidak Rusak Rambut

- Jumat, 8 Oktober 2021 | 21:29 WIB
Ilustrasi penggunaan hair dryer. (Unsplash)
Ilustrasi penggunaan hair dryer. (Unsplash)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Sebagai orang yang memiliki rambut panjang, kalian tentu sering menata rambut menggunakan hair dryer.

Hair dryer memang sangat berguna untuk menciptakan gaya rambut yang lebih rapi saat kalian menghadiri momen-momen penting dalam pekerjaan atau lainnya.

Namun, hair dryer juga memiliki dampak jika terlalu sering digunakan. Mengutip Well + Good, hair dryer dapat merusak rambut.

Pada dasarnya, memberikan paparan panas ke rambut bisa menyebabkan munculnya lubang kecil pada lapisan pelindung rambut atau yang biasa diberi nama cuticle damage.

“Jika suhu panas langsung terkena rambut, rambut harus menangani panas yang terlalu berlebihan,” kata Ro Johnson Wilkerson, PhD, principal scientist dan senior manager of scientific communications di P&G.

Baca Juga: Tak Terima Kekalahan, Petinju DKI Jakarta Lanjutkan 'Bertinju' di Luar Ring dengan Panitia

Akibatnya, permukaan luar rambut bisa hancur dan kutikula (sel-sel yang bertumpuk seperti sisik dan menjadi lapisan terluar dan terkuat dari batang rambut) mulai putus. Agar terhindar dari kondisi yang kian buruk, kalian perlu menggunakan hair dryer dengan bijak.

Marco Pelusi, penata rambut selebriti di California, Amerika Serikat (AS) mengatakan bahwa seseorang dapat melindungi kutikula rambut dengan mengisi kembali lubang yang kosong menggunakan semacam protein, seperti kolagen atau asam amino.

"Sangat penting untuk mengaplikasikan kondisioner tanpa bilas dan menyisirnya secara menyeluruh ke rambut sebelum menggunakan pengering rambut," katanya.

Kalian juga perlu mengontrol suhu panas yang dihasilkan hair dryer dan sebaiknya menghindari suhu yang terlalu tinggi.

Halaman:

Editor: Bagus Pribadi

Sumber: Kumparan.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X