Presiden Filipina, Duarte Mendadak Pensiun Diduga Demi Putrinya

- Sabtu, 2 Oktober 2021 | 18:46 WIB
Presiden Filipina, Rodrigo Duterte (Instagram/presidenteduterte)
Presiden Filipina, Rodrigo Duterte (Instagram/presidenteduterte)

HALUANRIAU.CO, FILIPINA - Presiden Filipina, Rodrigo Duterte secara mengejutkan mengatakan dirinya bakal pensiun dari politik pada Sabtu (2/10/2021).

"Hari ini, saya mengumumkan pengunduran diri saya dari politik," kata Duterte, saat menemani Senator setia Christopher "Bong" Go dari partai mereka yang berkuasa PDP-Laban saat ia mendaftar untuk mencalonkan diri sebagai wakil presiden, dikutip dari Okezone.

Langkah ini memicu spekulasi bahwa Duarte sengaja membuka jalan bagi putrinya untuk mencalonkan diri sebagai presiden selanjutnya.

Duterte diperkirakan akan mencalonkan diri sebagai wakil presiden.

Dia tidak memenuhi syarat untuk mencalonkan diri lagi untuk jabatan puncak, karena dalam konstitusi Filipina ditetapkan batas masa jabatan enam tahun untuk presiden.

Baca Juga: Rayakan Ulang Tahun ke-17, DPD RI Gelar 4 Lomba untuk Umum

Pengamat politik telah lama menduga Duterte bisa membuat kejutan, seperti pemilihan presiden yang dijalankan oleh putrinya, Sara Duterte-Carpio, pada tahun depan.

Duterte-Carpio, yang menggantikan ayahnya sebagai Wali Kota Davao, pada bulan lalu mengatakan tidak akan mencalonkan diri untuk jabatan yang lebih tinggi tahun depan karena dia dan ayahnya telah sepakat hanya satu dari mereka yang akan mencalonkan diri untuk jabatan nasional pada 2022.

Keputusan Duterte yang lebih tua untuk tidak ikut pemilihan tahun depan akan membuka jalan baginya.

"Ini memungkinkan Sara Duterte untuk mencalonkan diri," kata Antonio La Vina, profesor hukum dan politik di Universitas Ateneo de Manila.

Halaman:

Editor: Bagus Pribadi

Sumber: Okezone

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Presiden China Xi Jinping Ketar-ketir Jelang Imlek

Jumat, 20 Januari 2023 | 14:09 WIB

Mantan PM Malaysia, Najib Razak Ajukan Banding

Rabu, 28 Desember 2022 | 16:38 WIB
X