Berbagai Pajak Unik, Mulai dari Pajak Bernafas Hingga Jomlo Diterapkan di Negara Ini

- Minggu, 26 September 2021 | 15:48 WIB
hirup udara (whsadvocateonline.com)
hirup udara (whsadvocateonline.com)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Jika di Indonesia setiap warga negara dikenakan wajib membayar pajak, baik pajak perseorangan maupun pajak lainnya seperti pajak atas kepemilikan seperti kendaraan bermotor, pajak bumi dan bangunan, pajak usaha, dan lain sebagainya.

Namun dibeberapa negara ada beberapa pajak yang tergolong unik diterapkan bagi warga negaranya, mulai dari pajak menghirup oxigen atau bernafas hingga status jomlo atau tanpa pasanganpun dikenakan pajak.

Mungkin bagi Indonesia, pajak tersebut sangat tidak masuk akal, namun pajak tersebut betul betul diterapkan pada negara negara tersebut.

dikutip dari haluanpadang.com Berikut ini sejumlah pajak unik yang diterapkan di berbagai negara di dunia:

1. Pajak Obesitas (Jepang)

Bagi kamu yang memiliki kelebihan berat badan, kamu akan dikenakan pajak. Tetapi, ini hanya berlaku di Negeri Matahari Terbit. Setiap tahun di negara ini melakukan pengukuran lingkaran pinggang yang disebut dengan 'Metabo'.

Lingkaran pinggang melebihi normal akan dikenakan pajak atau denda. Hal ini dilakukan oleh pemerintah Jepang, karena Jepang merupakan negara dengan tingkat obesitas yang terbilang cukup tinggi. Oleh sebab itu, diterapkanlah denda atau pajak agar warganya mampu menjaga pola makan.

2. Pajak Penggunaan Medsos (Uganda)

Uganda merupakan negara yang telah menerapkan pajak bagi warga negaranya yang sering berselancar di media sosial. Hal ini dilakukan agar mampu menekan tingkat penyebaran berita hoaks di negara ini.

Besar pajak yang dipungut untuk satu aplikasi media sosial dalam satu hari adalah sebesar Rp700 rupiah. Bayangkan jika kamu membuka aplikasi media sosial lebih dari satu. Berapa biaya yang kamu keluarkan?

Halaman:

Editor: Eka Buana Putra

Sumber: haluanpadang.com

Tags

Terkini

Sudah 2.000 Jurnalis Meninggal Akibat Covid-19

Sabtu, 8 Januari 2022 | 14:37 WIB
X