Hari Ini, 20 Tahun Lalu Peristiwa 2 Pesawat Komersial Tabrak Twin Tower WTC New York

- Sabtu, 11 September 2021 | 18:57 WIB
Menara Kembar WTC terbakar menyusul serangan di New York, Amerika Serikat, Selasa 11 September 2001. (Reuters/Sean Adair)
Menara Kembar WTC terbakar menyusul serangan di New York, Amerika Serikat, Selasa 11 September 2001. (Reuters/Sean Adair)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Hari ini, 20 tahun lalu peristiwa pesawat terbang komersial yang yang dibajak jaringan teroris Al Qaeda menghantam Twin Tower World Trade Center (WTC) di Manhattan, New York City, Amerika Serikat (AS).

Sebanyak 19 militan yang terkait dengan kelompok ekstremis Islam Al Qaeda membajak empat pesawat komersial AS dan melakukan serangan bunuh diri.

Dua pesawat diterbangkan ke menara kembar WTC di New York, pesawat ketiga menabrak Pentagon di luar Washington, DC, dan pesawat keempat jatuh di sebuah lapangan di Shanksville, Pennsylvania.

Hampir 3.000 orang tewas selama serangan 9/11. Serangan ini memicu inisiatif besar AS untuk memerangi terorisme dan di bawah pemerintahan Presiden George W. Bush.

Al-Qaeda dipimpin buronan Arab Saudi, Osama bin Laden. Mereka diduga bertindak sebagai pembalasan atas dukungan Amerika terhadap Israel, keterlibatan dalam Perang Teluk Persia, dan kehadiran militer AS yang berkelanjutan di Timur Tengah.

Baca Juga: Hacker Asal China Susupi 10 Jaringan Internal Lembaga Pemerintah, Salah Satunya BIN

Osama bin Laden saat itu bersembunyi dengan bantuan Taliban saat memerintah Afghanistan dari 1996 hingga 2001.

Amerika Serikat pun langsung menginvasi Afghanistan dan menggulingkan Taliban karena menolak menyerahkan para pemimpin Al-Qaeda setelah serangan 11 September 2001.

Pada 11 September 2001, Janice Brooks baru saja tiba di ruang kerja di lantai 84 Menara Selatan World Trade Center (WTC) ketika dia mendengar ledakan dahsyat.

Janice Brooks adalah seorang penyintas tragedi 9/11 serangan teroris di menara kembar WTC pada 11 September 2001.

Halaman:

Editor: Bagus Pribadi

Sumber: Pikiran Rakyat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Unik, Wanita Ini Sudah Tidak Tidur Selama 40 Tahun

Sabtu, 11 September 2021 | 17:25 WIB

Simak Hukum Menghindari Bayar Utang dalam Islam

Senin, 6 September 2021 | 15:58 WIB
X