Modal Konten Sarkas, Khaby Lame Digadang-Gadang Bisa Jadi Pengguna TikTok Peringkat Satu

- Kamis, 2 September 2021 | 15:29 WIB
Seleb TikTok, Khaby Lame. (Instagram/Khaby Lame)
Seleb TikTok, Khaby Lame. (Instagram/Khaby Lame)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Bagi pengguna TikTok, wajah Khaby Lame pasti sudah tak asing karena dirinya sering muncul pada FYP saat pengguna TikTok berselancar di FYP.

Lame pemuda berusia 21 tahun tersebut diprediksi oleh banyak orang akan sanggup melampaui seleb TikTok paling ulung saat ini, Charli D'Amelio.

Padahal, bisa dibilang video-video Lame adalah sekumpulan ekspresi receh dan senyum sarkastik—merespons life hack yang harusnya bikin hidup lebih mudah, malah menjadi sulit—terhadap video orang lain.

Social Blade—sebuah situs web yang melacak media sosial—melaporkan Lame berhasil memperoleh 21,9 juta pengikut yang sangat besar selama bulan Juni 2021. Sementara D'Amelio hanya memperoleh 2,6 juta selama 30 hari terakhir.

Konsep video yang anti-mainstream

Dengan menggunakan fitur duet dan stitch di aplikasi, Lame memanfaatkan momentum video life hack yang viral dan rumit: mengiris pisang dengan pisau, atau menggunakan alat aneh untuk mengenakan kaus kaki — dan menanggapinya dengan klip reaksi tanpa kata dan melakukan tugas yang sama dengan cara yang jauh lebih mudah.

Alih-alih melenturkan gerakan menari yang menarik atau keterampilan transisi yang memikat, Lame sering kali hanya duduk di depan kamera. Dia tidak repot-repot mengoptimalkan pencahayaan, menggunakan filter warna atau mengedit videonya sama sekali.

Apalagi jika dibandingkan dengan content creator besar yang biasanya menggunakan kamera berkualitas tinggi, musik yang lagi tren, dan mengatur pencahayaan video mereka dengan hati-hati, Lame jauh konsep mainstream itu. Perbedaan video ini yang menjadi salah satu alasan utama kesuksesan mengejutkan Lame.

"Kontennya hampir menyanggah atau mengolok-olok tren berlebihan yang terjadi di media sosial, apakah itu life hack atau hal-hal lain seperti itu," kata Samir Chaudry, pendiri The Publish Press via New York Times.

"Dia hampir mewakili keaslian ini, di atas produksi. Saya pikir itu sangat menarik bagi orang-orang. Perasaan seseorang yang tidak berusaha terlalu keras, itu adalah sesuatu yang terasa otentik."

Halaman:

Editor: Bagus Pribadi

Sumber: Kumparan.com

Tags

Terkini

Artis Amyon Rilis Single Terbaru Berjudul 'Heart'

Jumat, 12 November 2021 | 17:44 WIB
X