Lagi, Seorang Penumpang Speedboat dari Batam Positif Covid-19

- Senin, 30 Agustus 2021 | 21:52 WIB
YU saat diamankan oleh Tim Satgas Covid-19 karena positif. (haluanriau.co/Evrizon)
YU saat diamankan oleh Tim Satgas Covid-19 karena positif. (haluanriau.co/Evrizon)

HALUANRIAU.CO, INDRAGIRI HILIR - Seorang penumpang speedboat dari Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) lagi-lagi dinyatakan positif Covid-19 oleh Satgas Covid-19 Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) setelah melakukan swab tes.

Kegiatan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 melalui pelaksanaan tes swab terhadap para penumpang dan ABK speedboat yang datang dari Provinsi Kepri tersebut dilaksanakan di Pelabuhan Pelindo Tembilahan.

"Hari ini ada satu penumpang yang dinyatakan positif Covid-19 dari speedboat Batam dengan tujuan Guntung dan Tembilahan, inisial YU (54) berprofesi sebagai guru," tutur Satgas Covid-19 Inhil, Kapolres AKBP, Dian Setyawan, Senin (30/8/2021).

Ia menungkapkan, jumlah keseluruhan penumpah sebanyak 19 orang, dan setibanya di Tembilahan keseluruhan penumpang di-swab tes satu persatu, termasuk YU.

"Penumpang yang dinyatakan positif itu dibawa ke Islamic Center untuk penanganan lebih lanjut," sebutnya.

Dikatakannya, sambil menunggu penjemputan oleh tim medis, penumpang dibawa ke ruang tertutup sementara yang berada di Pelindo.

"Setelah dilakukan penjemputan oleh tim medis berpakaian APD lengkap langsung membawanya ke ruang isolasi terpadu Islamic Center guna mendapatkan pengobatan," ujarnya.

Adapun tujuan dilaksanakannya swab tes oleh Tim Satgas Covid-19 Inhil terhadap penumpang, dipaparkan Dian sebagai deteksi awal mencegah potensi penularan virus Covid-19 yang masuk dari luar daerah Inhil, khususnya pada transportasi antar-provinsi.

"Mobilisasi masyarakat tidak bisa kita hindari, termasuk dengan adanya transportasi antar daerah. Maka cara mendeteksi dini adanya penularan virus Covid-19 atau tidak, ya melalui seperti ini, mau tidak mau suka atau tidak suka semua penumpang dan ABK yang berasal dari luar Inhil wajib dites demi memutus penyebaran Covid secara dini di wilayah Inhil," tandas Dian.

Editor: Bagus Pribadi

Tags

Terkini

Tetap #Cari_aman Agar Bisa Ikutan AHMBS 2022

Senin, 20 Juni 2022 | 17:14 WIB
X