Olah Minyak Jelantah Jadi Biodiesel, Pemuda di Pekanbaru Ubah Limbah Jadi Komoditi Ekspor

- Senin, 30 Agustus 2021 | 09:34 WIB
Istimewa  |  Mediacenter Riau
Istimewa | Mediacenter Riau

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Minimnya sosialisasi mengenai proses pengolahan minyak jelantah di masyarakat, menyebabkan pengelolaan limbah tersebut menjadi sembarangan.

Masyarakat biasa membuang minyak bekas tersebut ke selokan rumah sehingga mengakibatkan terjadinya pencemaran tanah yang dilaluinya bahkan terjadinya penyumbatan saluran air yang bisa mengakibatkan banjir.

Padahal jika dikelola secara baik dan tepat, limbah minyak tersebut bisa berubah menjadi memiliki nilai ekonomis.

Melihat fenomena tersebut, sekelompok pemuda asal Pekanbaru yang tergabung dalam CV. Arah Baru Sejahtera mengelola minyak jelantah tersebut.

Usaha yang mereka lakukan adalah mengubah minyak jelantah menjadi bahan bakar biodiesel. Dari kegiatan mengolah limbah tersebut bisa sehingga menghasilkan uang dan menjadi bisnis yang menjanjikan hingga di ekspor ke luar negeri.

Minyak jelantah itu sendiri merupakan minyak bekas pemakaian, bisa dalam kebutuhan rumah tangga, kebutuhan restoran dan lainnya, yang meliputi minyak sawit dan segala minyak goreng lainnya.

Pria asal Pekanbaru sekaligus pimpinan CV. Arah Baru Sejahtera, M Rizky Ramadhan menjelaskan ide awal ia bersama rekan-rekannya membuat bisnis ini karena rasa pedulinya terhadap lingkungan kurang terjaga dari limbah minyak jelantah. 

Selain peduli lingkungan sebut Rizki, kehadiran bisnis minyak bekas ini juga wujud peduli kesehatan. Dimana sebutnya, banyak pelaku usaha UMKM yang mungkin bahan dasar membuat usahanya dari minyak goreng, takutnya daripada dibuang atau disalah gunakan yang membahayakan kesehatan bisa dikumpulkan dan dijual kembali.

"Kita peduli lingkungan sekaligus peduli kesehatan, kita hadirkan program Bank Jelantah membantu masyarakat dan pelaku usaha dari pada dibuang bisa dijual lagi bisa juga ditukar dengan sembako, emas atau uang," ucapnya di Pekanbaru, Sabtu (28/8/2021).

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Sumber: Media Center Riau

Terkini

PDAM Tirta Siak Diminta Segera Perbaiki Pipa Bocor

Rabu, 1 Desember 2021 | 18:25 WIB
X