UNRI Laksanakan Webinar Nasional, Sandiaga Uno Sampaikan Lima Pilar Pemulihan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

- Jumat, 27 Agustus 2021 | 13:50 WIB
Tangkapan layar webinar nasional bersama Sandiaga Uno yang ditaja oleh Universitas Riau  |  Sumber : Mediacenter Riau
Tangkapan layar webinar nasional bersama Sandiaga Uno yang ditaja oleh Universitas Riau | Sumber : Mediacenter Riau

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Mahasiswa Universitas Riau (UNRI) secara virtual mengundang Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno dalam webinar nasional sebagai narasumber untuk menyampaikan lima pilar yang menjadi langkah pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif.

Ia menyampaikan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif salah yang terdampak terhadap Pandemi COVID-19 bersama sektor yang lainnya. Untuk itu dari Kemenparekraf RI telah mengupayakan pemulihan pada sektor tersebut.

Adapun lima pilar yang menjadi langkah pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif di masa Pandemi COVID-19 ini yaitu pertama, peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM)

"Saya ingin generasi ke depan, mereka bisa mampu mengambil kesempatan untuk meningkatkan kapasitas SDM-nya," ujarnya dalam webinar nasional Sumatra Accounting Competition (SAC) 2021 Universitas Riau, Jumat (27/8/2021).

Kedua, revitalisasi destinasi pariwisata dan infrastruktur ekonomi kreatif seperti melakukan pemantapan manajemen dan tata kelola destinasi, mengembangkan desa wisata serta pengembangan destinasi atau sarana ekonomi kreatif.

Pilar ketiga, melakukan peningkatan resiliensi dan daya saing usaha. Menurutnya, hal ini sangat penting dimana para pelaku usaha untuk terus berupaya berinovasi dengan meningkatkan kemampuan dan bagaimana pelaku usaha itu menjadi tangguh.

Keempat, yaitu melakukan inovasi produk dan jasa dan pilar kelima, yaitu melakukan pemulihan dan perluasan pasar.

"Kita perlu melakukan perluasan pasar dengan menargetkan kepada wisatawan nusantara dan domestik ekonomi kita," tuturnya.

Editor: Taufik Ilham

Sumber: Media Center Riau

Tags

Terkini

Universitas Islam Riau dan Pemkab Pelalawan Teken MoU

Senin, 29 November 2021 | 18:19 WIB
X