Tak Terima Dijadikan Tersangka, Permohonan Mafia Tanah di Air Hitam Rohil Ditolak Hakim

- Kamis, 26 Agustus 2021 | 11:13 WIB
Suasana sidang praperadilan di PN Rokan Hilir (Akmal)
Suasana sidang praperadilan di PN Rokan Hilir (Akmal)

HALUANRIAU.CO, BAGAN SIAPI-API-Pengadilan Negeri (PN) Rokan Hilir menolak permohonan yang diajukan oleh pemohon yang diduga pelaku mafia tanah di Kepenghuluam Air Hitam Kecamatan Pujud.

Sidang praperadilan itu berlangsung pada Rabu (25/8) sore, dengan materi persidangan tentang tidak sahnya penetapan status pemohon dari saksi menjadi tersangka, penangkapan, penahanan dan penyitaan.

Pemohon dalam ini ialah R. Sianturi, yang merupakan rekan mantan Kepenghuluan Air Hitam, Zamzami, yang telah divonis 6 bulan oleh Mahkamah Agung dengan Putusan Kasasi Nomor 62 K/PID/2021 pada Rabu, 3 Februari 2021.

Zamzami menerbitkan Surat Keterang Tanah (SKT) atas lahan yang dikiranya kosong, dalam proses itu R. Sianturi diyakini turut andil.

"Putusan dengan amar menolak permohonan pemohon seluruhnya," kata Kapolres Rohil AKBP Nurhadi Ismanto, Kamis (26/8).

Pertimbangan hakim, lanjut Nurhadi, penetapan tersangka sudah berdasarkan 2 alat bukti yang cukup yang merujuk kepada Pasal 184 KUHAP, yaitu adanya keterangan saksi, surat, petunjuk, ahli dan keterangan terangka.

Terkait dengan penangkapan dan penahanan, Nurhadi menjelaskan bahwa hal itu sudah sah secara hukum karena telah memuat identitas tersangka, uraian singkat kejadian, tempat ditahan dan tembusan surat perintah Kap dan Han sudah di berikan kepada keluarga.

"Untuk penyitaan, sudah mendapatkan persetujuan dari PN. Rokan Hilir," papar Nurhadi.

Diketahui, R. Sianturi bersama Zamzami terlibat dalam dugaan pemalsuan surat dan penggelapan hak atas tanah seluas 400 hektar yang dilaporkan oleh Teruna Sinulingga dkk selaku pemilik lahan  di Kepenghuluan Air Hitam Kecamatan Pujud.

Halaman:

Editor: Akmal

Terkini

Tim Pakem Kejari Rohil Terus Awasi Kelompok Ahmadiyah

Rabu, 15 September 2021 | 21:46 WIB

Adakan Paripurna, DPRD Rohil Setujui RPJMD 2021-2026

Senin, 16 Agustus 2021 | 20:16 WIB
X