Dana KONI Siak Besar, Atlit Bulu Tangkis Yang Harumkan Nama Daerah Tak Pernah Rasakan Dana Pembinaan

- Senin, 23 Agustus 2021 | 17:33 WIB
Salah satu atlit bulu tangkis Siak saat melakukan sesi latihan  |  Istimewa
Salah satu atlit bulu tangkis Siak saat melakukan sesi latihan | Istimewa



Haluanriau.co, Siak - Pemerintah Kabupaten Siak tahun ini menghibahakan dana untuk Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Siak sebesar 1 milyar lebih.

Dana yang diperuntukkan bagi KONI Kabupaten Siak itu disalurkan melalui Dinas Pemuda Dan Olahraga (Dispora), sebagaimana disampaikan Kadispora Kabupaten Siak, Said Marwaji Kepada Haluanriau.co, Senin (23/8).

Dijelaskan Waji sapaan Kadispora Kabupaten Siak, biasanya melalui bagian Kesra Pemkab Siak untuk menyalurkan dana hibah untuk KONI, namun tahun ini melalui kita, Dispora, kata Waji.

Terkait besaran dana hibah untuk sektor olahraga ini, Waji menyebutkan bocoran besaran dana hibah untuk KONI Siak senilai 1 milyar lebih.

"Cukup besar, hampir Dua milyar," kata Waji menambahkan.

Dalam kesempatan terpisah, Ketua KONI Kabupaten Siak, Nasrudin saat di hubungi awak media tidak menapik besaran dana hibah untuk KONI Siak tahun ini.

"Iya, KONI Kabupaten Siak mendapatkan dana hibah untuk tahun ini 1 milyar lebih," melalui Dispora, sebut Atan sapaan Ketua KONI Siak yang merupakan mantan Kasatpol PP Kabupten Siak.

Masih kata Atan, dana sejumlah itu, nantinya akan kita bagi ke berbagai cabang olahraga yang ada di Kabupaten Siak ini. Salah satunya termasuk PBSI Siak, katanya menambahkan.

Terkait penggunaan anggaran untuk pembinaan terkhusus atlit bulu tangkis Kabupaten Siak, Atan mengatakan tidak ingat saya, sambungnya.

Terpisah, Ketua PBSI Kabupaten Siak, Iswanto mengatakan untuk dana pembinaan atlit bulu tangkis di Kabupaten Siak ini tidak ada, yang ada hanya untuk dana kegiatan.

Untuk dana kegiatan khususnya PBSI, Siak paling besar menganggarkan dana kegiatan dibanding kabupaten kota yang lain yang ada di Provinsi Riau, ulasnya.

"Sejauh ini, untuk pembinaan atlit bulu tangkis di Kabupaten Siak ini, belum pernah ada," tegas dia.
 
Kami dari pengurus PBSI Siak juga berharap adanya GOR tersendiri untuk atlit bulu tangkis berlatih, khusus untuk di Kota Siak, kata dia menambahkan.

Salah seorang pelatih bulu tangkis di Kabupaten Siak, Ahong mengatakan hal yang sama dengan Ketua PBSI Siak. "Belum pernah mendapatkan dana pembinaan untuk atlit bulu tangkis dari KONI Siak”.

Ahong berharap, dalam hal ini KONI Siak yang berperan membagi porsi untuk setiap cabang olahraga, harus memperhatikan atlit, terutama atlit bulu tangkis ini.

Anak-anak kita telah banyak menorehkan berbagai prestasi disetiap event, ya setidaknya mereka telah mengharumkan nama Kabupaten Siak. Kenapa tidak ada dana pembinaan yang diberikan kepada mereka yang telah berjasa mengharumkan nama daerah, kata dia lagi.

Semisal untuk Porda, disana banyak atlit bulu tangkis asal Kabupaten Siak yang menorehkan prestasi, bahkan mendapat juara satu, tegasnya.

Bulu tangkis ini termasuk salah satu cabor yang biayanya cukup besar, setiap latihan memerlukan biaya, jadi perlu dana untuk latihan agar lebih baik lagi, tutupnya.

Editor: Taufik Ilham

Tags

Terkini

X