Mahasiswa Kukerta UNRI Bantu Warga Setako Raya dengan Busakamber

- Minggu, 22 Agustus 2021 | 16:28 WIB
Mahasiswa saat memperlihatkan Busakamber. (Istimewa)
Mahasiswa saat memperlihatkan Busakamber. (Istimewa)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Busakamber merupakan budidaya sayur dan ikan dalam ember. Ini merupakan salah satu inovasi dalam bidang pertanian.

Cara ini bisa jadi solusi ketersediaan pangan di masa pandemi covid-19. Dengan adanya Busakamber, masyarakat dapat menanam sayur dan beternak ikan dalam satu wadah yang dapat diletakkan di depan rumah ataupun belakang rumah.

Di Desa Setako Raya, Mahasiswa Kukerta-bk 2021 UNRI melaksanakan penyuluhan dan pembuatan Busakamber kepada masyarakat. Busakamber ini merupakan salah satu program kerja unggulan dari mahasiswa untuk wilayah ini.

Salah seorang Mahasiswa, Mukti Makrupin mengatakan pihaknya melakukan hal itu mengingat lokasi Desa Setako Raya yang berada di tepi sungai. Tambahnya, rawan banjir tentu sangat berbahaya bagi lahan pertanian milik masyarakat.

Ketika banjir, lahan pertanian akan terendam dan membuat petani gagal panen. Selain itu, air sungai yang tidak terlalu baik menyulitkan untuk beternak ikan.

"Busakamber dapat menyelesaikan kedua masalah tersebut, dengan wadah berbentuk ember yang memudahkan untuk dipindah jika terjadi banjir. Ini terobosan baru dalam menghadapi bencana banjir pada saat budidaya ikan,” kata Mukti, Minggu (22/8/2021).

Hal senada juga disampaikan oleh salah satu masyarakat Desa Setako Raya, dengan adanya inovasi busakamber ini, kebutuhan sayur dan ikan untuk keluarganya bisa terpenuhi.

Pembuatan Busakamber cukup sederhana, hanya dengan sebuah ember yang cukup besar yang dijadikan sebagai wadah air tempat beternak ikan dan botol plastik sebagai wadah menanam sayuran. Ikan yang dapat dibudidayakan seperti ikan patin, ikan lele, ikan gabus, dan sebagainya.

Botol plastik bekas nantinya akan disusun di tepi ember dan dikaitkan agar tidak jatuh. Sayuran yang dapat ditanam sangat beragam seperti kangkung, selada, tomat, dan sebagainya.

Editor: Bagus Pribadi

Sumber: Rilis

Tags

Terkini

X