Bupati Rohil Kumpulkan Seluruh Perusahaan Bahas PAD dan Penanganan Covid-19

- Kamis, 19 Agustus 2021 | 16:34 WIB
Saat setelah rapat koordinasi di Rohil. (haluanriau.co/Jhoni Saputra)
Saat setelah rapat koordinasi di Rohil. (haluanriau.co/Jhoni Saputra)

HALUANRIAU.CO, ROKAN HILIR - Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) mengumpulkan seluruh perusahaan-perusahaan yang beroperasi di wilayah Rohil.

Perusahaan itu dikumpulkan dalam rangka mengikuti rapat koordinasi dan sinkronisasi Pemkab Rohil dengan dunia usaha dalam upaya penanganan Covid-19 dan peningkatan pendapatan asli daerah (PAD), Kamis (19/8/2021) di Gedung Misran Rais Bagansiapiapi.

Bupati Rohil, Afrizal mengatakan selama mereka menjabat dua bulan lebih, ini merupakan pertama kalinya melakukan silaturahmi dengan seluruh perusahaan untuk membahas seputar permasalahan yang ada di Rohil.

Dijelaskan Afrizal, selama beberapa tahun terakhir, khususnya dua tahun terakhir masa pandemi Covid-19 ini, kondisi APBD Rohil terus mengalami penurunan. Bahkan, APBD Rohil 2022 diperkirakan hanya tinggal Rp1,1 triliun.

"Untuk anggaran wajib saja sudah hampir Rp900 miliar, tidak mungkin sisanya bisa untuk melakukan pembangunan di 18 kecamatan ini," ungkap politisi Golkar ini.

Oleh sebab itu, Afrizal meminta seluruh perusahaan dengan dana Corporate Social Responsibilities (CSR)-nya, bersama Pemerintahan Daerah (Pemda) Rohil agar membantu masyarakat Rohil yang terkena dampak pandemi Covid-19.

Di samping itu, ia juga meminta kepada seluruh perusahaan agar memperhatikan kondisi infrastruktur jalan di wilayahnya masing-masing. Menurutnya, banyak jalan-jalan yang rusak akibat tonase kendaraan perusahaan yang melebihi kekuatan jalan.

"Kalau ada jalan-jalan yang sudah rusak parah dan berlubang, mohon bantu perbaiki dulu," pintanya.

Tak sampai di situ, dalam rapat itu juga Pemda Rohil membahas agar ke depannya seluruh perusahaan yang ada dapat menyumbangkan PAD. Tujuannya agar dapat membantu mengatasi defisit anggaran saat ini untuk melangsungkan kelanjutan pembangunan di Rohil.

Rapat itu, dibuka langsung oleh Bupati Rohil, Afrizal Sintong. Tampak hadir, Wakil Bupati Rohil, H Sulaiman, Kajari Rohil, Yuliarni Appy, Dandim 0321 Rohil, Letkol Agung Rachman Wahyudi, Wakapolres Rohil, Kompol Hotmartua Ambarita, dan Ketua DPRD Rohil, Maston.

Halaman:

Editor: Bagus Pribadi

Sumber: Reporter: Jhoni Saputra

Tags

Terkini

Sah, MTQ Riau Digelar 24-31 Juli di Bagansiapiapi

Minggu, 17 April 2022 | 11:53 WIB
X