Sebanyak 806 Orang Napi Lapas Bankinang Mendapat Remisi HUT RI ke-76, Satu Orang Bebas Hari Ini

- Selasa, 17 Agustus 2021 | 17:31 WIB
Pemberian remisi oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIA Bangkinang, Sutomo  |  Sumber: Istimewa
Pemberian remisi oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIA Bangkinang, Sutomo | Sumber: Istimewa



Haluanriau.co, Kampar - Sebanyak 806 narapidana Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bangkinang menerima remisi umum (RU) peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-76.

Satu orang napi dapat menghirup udara bebas hari ini. Narapidana yang menerima  RU I berjumlah 796 orang dan RU II  berjumlah 10 orang.

"Hari ini kita melaksanakan pemberian remisi terhadap 806 orang terdiri dari RU I sebanyak 796 orang dan RU II sebanyak 10 orang. Namun 9 orang napi belum membayar denda. Jadi hanya 1 orang yang bebas hari ini,” kata Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIA Bangkinang Sutarno, kepada Haluanriau.co, Selasa (17/8).

Kalapas mengatakan, proses pemberian remisi diberikan langsung oleh Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto, secara simbolis usai melaksanakan upacara HUT RI ke-76 yang digelar di halaman Kantor Bupati Kampar.

"Pagi tadi, pemberian remisi secara simbolis diberikan oleh Bupati Kampar dan siang ini kita laksankan secara virtual langsung bersama Dirjen Pemasyarakatan pemberian remisi secara nasional," kata Kalapas.

Dikatakan Kalapas, narapidana yang diberikan remisi itu meliputi kasus umum, kasus narkotika dan kasus  lainnya.

"Kita memberikan remisi ini karena yang bersangkutan telah memenuhi syarat, oleh karena itu kita harapkan kepada seluruh narapidana yang ada disini mampu mengikuti pembinana yang telah kita berikan dengan baik dan kita juga mengharapkan para napi ini selalu berkelakuan baik," ucap Kalapas.

"Selain itu kita juga telah memberikan bekal baik melalui pembinaan kepribadian maupun kemandirian. Setelah mereka bebas nanti kita berharap mereka bisa melaksanakan apa yang telah kita berikan selama berada di dalam lapas, sebagai modal untuk bagi mereka untuk kembali hidup ditengah-tengah masyarakat," pungkasnya.(Amri)

Editor: Taufik Ilham

Sumber: Reporter: Amri

Tags

Terkini

X