DPRD Sahkan Perda RPJMD Kepulauan Meranti 2021-2026

- Jumat, 13 Agustus 2021 | 15:49 WIB
DPRD Kepulauan Meranti. (haluanriau.co/Nurokhim)
DPRD Kepulauan Meranti. (haluanriau.co/Nurokhim)

HALUANRIAU.CO, MERANTI - DPRD Kepulauan Meranti menggelar Rapat Paripurna terkait laporan Pansus V dan pengambilan keputusan terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun 2021-2026.

Laporan Pansus VI tentang Ranperda RPJMD itu disampaikan Juru Bicara, Boby Haryadi. Dia mengatakan Ranperda tersebut merupakan hasil pembahasan yang telah dibahas oleh Pansus VI sesuai dengan hasil Keputusan Rapat Paripurna Nomor 11/Kpts-DPRD/VII/2021 tentang Penetapan dan Pengesahan Susunan Keanggotaan Pansus VI yang telah dibentuk pada beberapa waktu yang lalu.

Sebagaimana diketahui bahwa RPJMD merupakan dokumen perencanaan pembangunan daerah untuk jangka periode selama 5 tahun. Hal itu berisi penjabaran dari visi, misi, tujuan, sasaran dan program kepala daerah dengan berpedoman pada RPJP Daerah, RPJMD Provinsi serta memperhatikan RPJM Nasional.

Dikatakannya, penyusunan dokumen RPJMD Meranti sudah melalui tahapan yang cukup panjang, dimulai dari dilantiknya kepala daerah dan wakil kepala daerah sampai dengan tahapan pengundangan. Lanjutnya, meliputi penyusunan rancangan teknokratik RPJMD, konsultasi publik, hingga tahapan penyusunan rancangan akhir RPJMD yang dimuat dalam bentuk Ranperda dan tahapan pembahasan Ranperda oleh panitia khusus di DPRD.

Setelah dilakukan pembahasan, pengharmonisasian dan pemantapan konsepsi, Pansus dikatakan Boby, memerlukan adanya sejumlah perubahan dan penyempurnaan pada rancangan Perda maupun dokumen RPJMD Kabupaten Kepulauan Meranti 2021-2026.

"Seperti penambahan dan penyempurnaan Ranperda pada konsideran mengingat dengan menambahkan dasar hukum, perbaikan sajian data, penambahan narasi, gambaran umum keuangan daerah, penekanan pada isu strategis, perubahan dan penyempurnaan tentang kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah terkait penetapan indikator kinerja pembangunan daerah dan lainnya," katanya, Jumat (13/8/2021).

"Dari hasil kajian dan pembahasan maka Ranperda tentang RPJMD Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun 2021-2026 secara umum telah disempurnakan, sehingga Ranperda ini terdiri menjadi 5 pasal dengan dokumen lampiran terdiri dari IX BAB," sambungnya.

Di antaranya, berisi gambaran umum kondisi daerah, keuangan daerah, permasalahan dan isu strategis, visi dan misi, serta tujuan dan sasaran pembangunan, arah kebijakan program pembangunan, kerangka pendanaan, serta kinerja penyelenggara pemerintah daerah.

Selanjutnya, Boby menyampaikan pihaknya selama pembahasan bersama pemerintah daerah dalam
hal ini OPD terkait, sangat berharap kepada pemerintah untuk memperhatikan kelanjutan pasca penetapan Ranperda. Di antaranya pemerintah daerah melalui Bappeda, agar dapat mempersiapkan segala dokumen RPJMD secara lengkap untuk dapat diteruskan kepada tahapan berikutnya.

Masih sambungnya, tahapannya yaitu evaluasi di provinsi dan Ranperda ini harus dijadikan pedoman bagi seluruh perangkat daerah sebagai payung hukum dalam menjabarkan lebih lanjut program penyelenggaraan pemerintahan daerah di masing-masing OPD.

Halaman:

Editor: Bagus Pribadi

Sumber: Reporter: Nurokhim

Tags

Terkini

DPRD Sahkan Perda RPJMD Kepulauan Meranti 2021-2026

Jumat, 13 Agustus 2021 | 15:49 WIB

IDI Meranti Gelar Vaksinasi Masal di RSUD Meranti

Kamis, 12 Agustus 2021 | 12:15 WIB
X