TNI Dampingi Tim Medis Lakukan Tracing Contact Pasien Covid-19

- Selasa, 10 Agustus 2021 | 10:06 WIB
Kopda Jantri Istani Babinsa Koramil 10 Kunto Darussalam Kodim 0313/KPR mendampingi Tim Medis Kesehatan Puskesmas Bonai Darussalam melaksanakan tracing dan testing   |  Sumber: Istimewa
Kopda Jantri Istani Babinsa Koramil 10 Kunto Darussalam Kodim 0313/KPR mendampingi Tim Medis Kesehatan Puskesmas Bonai Darussalam melaksanakan tracing dan testing | Sumber: Istimewa
HALUANRIAU.CO, ROKAN HULU - Sejak diketahui keberadaan Virus Corona di permukaan Bumi dan masuk ke Negara Republik Indonesia, virus yang telah menghilangkan ribuan nyawa manusia tersebut menjadi musuh bagi seluruh umat Manusia. 
 
Segala daya dan upaya dilakukan berbagai kalangan demi mencegah penularan dan memutus mata rantai penyebaran Pandemi Covid-19 ditengah masyarakat.
 
Hal ini seperti yang dilakukan oleh Kopda Jantri Istani Babinsa Koramil 10 Kunto Darussalam Kodim 0313/KPR yang mendampingi Tim Medis Kesehatan Puskesmas Bonai Darussalam dalam melaksanakan tracing dan testing terhadap kontak erat pasien Covid-19 di wilayah Bonai Darussalam. 
 
Diakui Kopda Jantri Istani bahwa Segala cara dan upaya akan dilakukan oleh setiap personil Tentara Nasional Indonesia (TNI) demi tetap menjaga kenyamanan serta keamanan dilingkungan masyarakat dan sekitarnya.
 
“Saya mendampingi tim medis Kesehatan Puskesmas Bonai Darussalam menemui keluarga pasien terpapar Covid-19 untuk dilakukan pendataan, guna pelaksanaan tracing contact erat pasien dengan warga dan anggota keluarga lainnya," jelas Kopda Jantri, Senin (09/08).
 
Saat ini warga tersebut tengah melaksanakan isolasi mandiri di rumah sekaligus pemberian Vitamin, guna antisipasi penularan dan pemutusan mata rantai Covid-19 di wilayah Desa Rawa Makmur, Kecamatan Bonai Darussalam Kabupaten, Rokan Hulu.
 
Tracking contact dilakukan untuk mengetahui siapa saja yang telah bertemu dengan pasien penderita virus corona, sehingga memudahkan petugas kesehatan untuk mengambil tindakan agar virus ini tidak menyebar semakin luas.
 
"Tracking contact sendiri merupakan salah satu cara guna mengendalikan wabah yang tengah terjadi, sedangkan pengerjaannya dilakukan oleh petugas kesehatan," sebutnya. 
 
Lanjut Kopda Jantri bahwa Tracing ini sangat penting untuk mengetahui lebih awal siapa-siapa saja orang yang telah dijumpai atau berpapasan dengan pasien, sehingga kita bisa melakukan tindakan lebih lanjut terhadap orang-orang yang telah melakukan kontak erat dengan pasien. 

Editor: Taufik Ilham

Sumber: Haluan Riau

Tags

Terkini

X