Serikat Pekerja Berafiliasi Nasional Terbentuk Di Kuansing, Jon Hendri Pimpinan KC-FSPMI Kuansing

- Selasa, 24 Januari 2023 | 22:20 WIB
Ketua KC - FSPMI Kuansing Jon Hendri, SE ( baju Putih ) (Jon/HRC)
Ketua KC - FSPMI Kuansing Jon Hendri, SE ( baju Putih ) (Jon/HRC)

HALUANRIAU.CO, KUANTAN SINGINGI - Serikat Pekerjaan yang berafiliasi nasional terbentuk di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau.

Jon Hendri diamanahkan menjadi ketua Konsulat Cabang Federasi Serikat Pekerjaan Metal Indonesia (KC-FSPMI) Kabupaten Kuantan Singingi.

Penunjukkan Jon Hendri berdasarkan mandat dari DPW FSPMI Provinsi dan Selasa (24/1/2023) Siang berhasil disepakati pembentukan Kepengurusan KC-FSPMI Kuansing di Lantai II ruko milik Kaswira Nondri, Jalan Proklamasi-Teluk Kuantan.

Menurut Jon Hendri, mandat yang terimanya pasca Rapimnas FSPMI VI di Jakarta beberapa waktu yang lalu.

FSPMI sendiri merupakan organisasi serikat buruh yang berafiliasi nasional dengan memiliki banyak leding sektoral pekerja di perusahaan yang ada di Indonesia, baik Mineral, Energi, Telekomunikasi, Air, Laut.

"FSPMI adalah salah satu induk serikat buruh berafiliasi Nasional dan bahkan internasional. Keberadaan KC-FSPMI di Kuansing untuk menyisir buruh - buruh perusahaan yang belum berserikat. Kami akan bentuk minimal 10 PUK SPA serikat buruh di Kuansing," kata Jon Hendri.

Jon Hendri yang juga seorang anggota PWI Kuansing tersebut bertekad untuk membantu pemerintah Daerah dalam menginventarisir para buruh - buruh yang bekerja di Perusahaan yang belum terakomodir sebagai peserta BPJS ketenagakerjaan.

"Kami akan segera memberikan surat pemberitahuan keberadaan KC - FSPMI Kuansing kepada Pemerintah Daerah ( Dinas ketenagakerjaan Kuansing, red ) serta pihak Kepolisian (Polres Kuansing, red). Pada prinsipnya kami membantu pemerintah lah, untuk menyisir para buruh yang bekerja di perusahaan baik sebagai karyawan maupun Buruh Harian Lepas (BHL), mereka harus terkafer oleh BPJS ketenagakerjaan," tegasnya

Saat ini Kata Jon Hendri, ada seratus serikat buruh yang tercatat di Disnaker Kuansing, namun hanya lebih kurang 10 PUK yang berafiliasi Nasional selebihnya Serikat bersifat internal ( kedalam perusahaan).

"Keberadaan KC - FSPMI bukan pemecah untuk Serikat yang berafiliasi nasional di Kuansing yang sebelumnya sudah ada, seperti SP NIBA AGN, dan SP NIBA Mandiri, namun untuk memperkuat keberadaan Serikat buruh di Kuansing," ungkapan.

Untuk diketahui Kepengurusan KC - FSPMI Kuansing diketahui oleh Jon Hendri, SE, Sekretaris Arif Cahyadi, S.IP, dan Bendahara Kaswira Nondri, SH serta beberapa orang anggota.

(Jon)

Baca Juga: Koni Pelalawan Gelar Rakor Evaluasi bersama Seluruh Cabor

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X