KSDA Riau Pasang Box Trap, Harimau Sumatera Muncul di Kota Siak

- Minggu, 22 Januari 2023 | 14:53 WIB
Screenshot CCTV kemunculan Harimau Sumatera di Kampung Suak Lanjut, Siak, Senin (16/1) (Akmal/HRC)
Screenshot CCTV kemunculan Harimau Sumatera di Kampung Suak Lanjut, Siak, Senin (16/1) (Akmal/HRC)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau telah menurunkan tim ke Kota Siak guna mitigasi konflik negatif satwa Harimau Sumatera.

Beberapa hari terakhir, masyarakat dihebohkan dengan kemunculan satwa dilindungi tersebut di pemukiman warga. Pada Senin (16/1) didapati informasi kemunculannya di Kampung Suak Lanjut, kemudian pada Kamis (20/1) dilaporkan kemunculan satwa harimau di lokasi kebun semangka yang mengarah ke Hutan Koya Arwinas.

Paling menggemparkan ialah rekaman kamera CCTv milik Toserba Sinar Jaya yang berada di Jalan Tengku Buang Asmara, dimana terekam kemunculan satwa harimau sekira pukul 03.15 WIB dinihari.

Plt. Kabid KSDA Riau Wilayah II, Hartono menyebutkan bahwa timnya telah berada dilokasi dan melakukan observasi. Sejumlah upaya mitigasi pun telah dilakukan.

"Berdasarkan hasil rekaman CCTv, dapat dipastikan Harimau Sumatera telah muncul dan masuk di wilayah Kota Siak," jawab Harotono, Minggu (22/1).

"Tim sudah melakukan pemasangan kamera Trap dan box Trap dimana lokasi harimau Sumatera tersebut muncul. Dengan adanya kegiatan ini, nanti kam bersama tim dilapangan untuk dapat segera bisa mengevakuasi terhadap satwa tersebut," tambahnya.

Munculnya satwa endemik Pulau Sumatera itu di Kota Siak, tambah Hartono, itu dikarenakan letak geografis Kota Siak dengan kawasan hutan tidaklah jauh.

"Kalau melihat posisi Kabupaten Siak itu memang dengan kawasan hutan berjarak lebih kurang 6,2 KM," katanya menyudahi.

(Mal)

Baca Juga: Tingkatkan Silaturahmi, FDTI Tarbiyah Kuantan Mudik Gelar Safari Dakwah dan Taddabur Alam

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kabupaten Siak Menjadi Tuan Rumah Rakernas Pordasi

Sabtu, 28 Januari 2023 | 10:35 WIB
X