4 Orang Warga Pangkalan Kerinci Positif DBD

- Rabu, 18 Januari 2023 | 14:26 WIB
Ilustrasi DBD (Harian Haluan)
Ilustrasi DBD (Harian Haluan)

HALUANRIAU.CO, PANGKALAN KERINCI - Masyarakat Kabupaten Pelalawan perlu meningkatkan kewaspadaan terhadap Demam Berdarah Dengue (DBD) yang disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti, khususnya di Kota PANGKALAN KERINCI.

Berdasarkan informasi yang diperoleh media dari masyarakat, sebanyak 4 orang warga yang sudah terkena DBD yang muncul di Kota PANGKALAN KERINCI, tepatnya di kelurahan Kerinci Barat. Saat ini keempatnya sudah mendapatkan perawatan di Rumah Sakit.

Salah seorang warga PANGKALAN KERINCI Barat, Yusman mengatakan bahwa warga yang diduga terserang DBD tersebut masih anak dibawah umur yaitu AL (5) tahun pada saat ini sudah di rawat Klinik Amalia Medika PANGKALAN KERINCI. Sedangkan AN (7) tahun mendapatkan perawatan di Rumah sakit Efarina sejak hari Senin kemaren, serta yang dua lagi merupakan adalah kakak beradik.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Pelalawan, Asril saat dikonfirmasi oleh haluanriau.co mengatakan, setelah mendapat laporan dari masyarakat bahwa adanya kasus DBD di PANGKALAN KERINCI. Tim Dinas Kesehatan melalui Puskesmas langsung turun kelapangan untuk memastikan dan melakukan pengecekan.

Lebih lanjut Asril mengatakan, hasil pengecekan oleh tim ditemukan benar adanya Kasus DBD, dinas Kesehatan akan turun langsung melakukan upaya penanganan terhadap munculnya kasus DBD tersebut.

"Guna Indetifikasi lingkungan dan sanitasi akibat kasus tersebut, serta melakukan foging dilingkungan tersebut," jelas Asril.

Kemudian Asril menjelaskan, bahwa kasus DBD ini kalau sesuai kriterianya, kasus ini belum termasuk kepada Kejadian Luar Biasa (KLB).

"Terhadap 4 kasus DBD yang muncul di lingkungan masyarakat  kelurahan Kerinci Barat tersebut belum bisa di kategorikan kepada Kejadian Luar Biasa (KLB). Pedoman untuk menentukan KLB tersebut, apabila kasus DBD tersebut sudah ada yang meninggal," terang Asril.

Namun Asril tetap menghimbau kepada masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan rumah, dengan melakukan upaya 3 M plus, serta aksi bersih lingkungan. Tujuannya untuk membentengi masyarakat terhadap ancaman DBD hal tersebut perlu dilakukan.

(Raf)

Baca Juga: Bupati Pelalawan Hadiri Rapat Koordinasi Nasional Kepala Daerah dan Forkopimda

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X