Pentingkan Keselamatan Penumpang, Dishub Riau Kampanyekan Transportasi di Inhil

- Kamis, 5 Agustus 2021 | 19:52 WIB
Dishub Riau menggelar Kampanye keselamatan di Terminal Bandar Laksama Indragir, Kota Tembilahan. (riau.go.id)
Dishub Riau menggelar Kampanye keselamatan di Terminal Bandar Laksama Indragir, Kota Tembilahan. (riau.go.id)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Dinas Perhubungan Provinsi Riau, lakukan kampaye keselamatan transportasi air Kabupaten Indragiri Hilir di Terminal Bandar Laksama Indragiri, Kota Tembilahan. Hal itu dilakukan guna meningkatkan pemahaman dan kesadaran khususnya terhadap keselamatan transportasi air bagi pelaku usaha dan operator.

"Keselamatan hal yang harus diprioritaskan. Tidak saja pada operator, tetapi penumpang juga," kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Riau, Andi Yanto, Kamis (5/8/2021).

Andi mengatakan pemenuhan standar keamanan seperti itu sangat penting, karena musibah dapat disebabkan dari berbagai hal, dan bisa saja terjadi kapan pun. Ada pun, sarana keselamatan mesti dilengkapi seperti pelampung.

Selain itu, hal lain yang juga jadi perhatian, asuransi penumpang. Dengan demikian, penumpang juga merasakan jaminan selama menggunakan transportasi air tersebut.

"Penumpang juga perlu diasuransikan," ucap Andi.

Sementara itu, Mantan Kadishub Rokan Hulu ini juga mengingatkan agar pelaku usaha maupun operator segera mengurus perizinan trayek. Pasalnya, pemerintah akan menindak tegas angkutan ilegal.

Kepala Bapenda Riau H Herman, yang hadir dalam kampaye keselamatan transportasi air tersebut, memaparkan bahwa pentingnya kepatuhan membayar pajak dan retribusi dan retribusi. Dari pajak dan retribusi yang dibayar tersebut, menjadi sumber pendapatan daerah, untuk membiayai pembangunan.

"Mudah-mudahan dengan meningkatnya pendapatan daerah, semakin meningkat. Sehingga, pembangunan sarana transportasi seperti dermaga, halte, rambu bisa terus berkembang," ungkap Herman.

Editor: Bagus Pribadi

Sumber: media center riau

Tags

Terkini

Universitas Islam Riau dan Pemkab Pelalawan Teken MoU

Senin, 29 November 2021 | 18:19 WIB
X