Bupati Pelalawan Salurkan Bantua Sosial BLT BBM, BPNT dan PKH

- Kamis, 8 Desember 2022 | 18:23 WIB
Bupati Pelalawan Salurkan Bantua Sosial BLT BBM, BPNT, dan PKH (Raf/HRC)
Bupati Pelalawan Salurkan Bantua Sosial BLT BBM, BPNT, dan PKH (Raf/HRC)

HALUANRIAU.CO, PELALAWAN - Bupati Pelalawan, H. Zukri didampingi Kepala Dinas Sosial, Erwin Romel menyerahkan bantuan sosial secara simbolis kepada kelompok penerima manfaat, Kamis (8/12/2022) di aula serbaguna Kantor Camat Pangkalan Kerinci.

Bantuan diserahkan secara serentak diKabupaten Pelalawan kepada 15.616 orang penerima manfaat diKabupaten Pelalawan. Bantuan yang diserahkan bersumber dari Kementerian Sosial RI (APBN) dengan 3 jenis bantuan yaitu BLT BBM, BPNT/sembako dan PKH, serta 1 jenis bantuan yang merupakan program unggulan Bupati Pelalawan yaitu bantuan untuk lansia/janda tua.

Bupati Pelalawan mengatakan, Program ini merupakan perlindungan sosial bagi masyarakat, Pemulihan ekonomi agar masyarakat bangkit kembali dalam menghadapi krisis ekonomi. Bantuan sosial ini merupakan penyelenggaraan kesejahteraan sosial yang terarah dan terpadu guna pemenuhan kebutuhan dasar. Kebutuhan dasar tersebut meliput rehabilitasi sosial, Pemberdayaan sosial dan perlindungan sosial bagi masyarakat.

“Kami harapkan semoga bantuan, dapat berguna, meningkatkan daya beli masyarakat agar dapat membeli kebutuhan pokok. Semoga bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat dalam membeli sembako,” ucap Zukri.

Kepala Dinas Sosial, Erwin Romel menyampaikan program nasional melalui Kemensos tersebut antara lain, BLT BBM, BPNT/Sembako dan PKH, penerima manfaat. Bantuan yang disalurkan kepada penerima manfaat meliputi bantuan modal usaha dan alat kesehatan kepada 25 penerima manfaat, bantuan operasi katarak untuk 39 orang, bantuan atensi makanan dan alat dengar untuk 50 orang, serta bantuan atensi lainnya berupa sepeda motor roda tiga untuk 1 orang dan bantuan kaki palsu untuk 4 orang penerima manfaat.

Erwin menambahkan bantuan juga diserahkan Bupati Zukri yang bersumber dari APBD Pelalawan serta ini merupakan bantuan program unggulan Bupati Zukri untuk masyarakat Pelalawan yaitu untuk para lansia/janda tua.Penerima manfaat bantuan untuk Lansia /janda tua sebanyak 953 orang menerima bantuan dengan nilai 250.000 perbulan periode September-Desember 2022.

Sedangkan bantuan yang diserahkan  untuk 76 orang Disabilitas terbagi dua yaitu  43 orang Disabilitas penerima manfaat berupa uang tunai dengan nilai 250.000 perbulan untuk periode September sampai Desember 2022, dan bantuan untuk Disabilitas berupa alat bantu sebanyak 33 orang yang terdiri dari 14 unit kursi roda, 7 unit tongkat dan 12 alat bantu pendengaran.

Terakhir Erwin menambahkan  Pemkab Pelalawan telah membantu orang terlantar sebanyak 4 orang Lansia, yang mana pada saat ini 2 orang di titipkan di panti asuhan Jasa Ibu kota payakumbuh dan 2 orang di Panti asuhan Fajar Amanah Perawang, Kabupaten Siak. Orang terlantar yang dititipkan di Panti asuhan Fajar Amanah Perawang terdiri dari 1 orang Lansia dan 1 orang Disabilitas. Sedangkan untuk pembiayaannya di tanggung oleh pemerintah Daerah melalui dana APBD Kabupaten Pelalawan.

(Raf)

Baca Juga: Usai Rilis Lagu 'Pesonamu', Grup Band Stinky Hadir di Grand Dragon Pekanbaru

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Artikel Terkait

Terkini

4 Orang Warga Pangkalan Kerinci Positif DBD

Rabu, 18 Januari 2023 | 14:26 WIB
X