Menyatunya Lintas Etnis di Festival Budaya Rokan Hilir, Zulkifli Indra: Warisan Bagi Generasi Muda

- Sabtu, 3 Desember 2022 | 21:52 WIB
Anggota DPRD Riau, Zulkifli Indra foto bersama dengan para seniman usai kegiatan Festival Lintas Etnis Budaya di Halaman Kantor Camat Tanah Putih Tanjung Melawan, Kabupaten Rokan Hilir, belum lama ini (Eka/HRC)
Anggota DPRD Riau, Zulkifli Indra foto bersama dengan para seniman usai kegiatan Festival Lintas Etnis Budaya di Halaman Kantor Camat Tanah Putih Tanjung Melawan, Kabupaten Rokan Hilir, belum lama ini (Eka/HRC)

HALUANRIAU.CO, ROKAN HILIR - Membangun semangat dan kebersamaan serta persaudaraan, bisa diwujudkan dengan berbagai cara. Begitu juga dengan mengembangkan nilai-nilai budaya yang ada di daerah.

Inilah yang menjadi landasan dilaksanakannya
Festival Budaya Lintas Etnis (FBLE). Kegiatan yang dilaksanakan di Halaman kantor Camat Tanah Putih Tanjung Melawan, Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau ini menampilkan budaya dan seni etnis yang ada.

"Kegiatan penting sekali untuk mengembangkan dan melestarikan kesenian dan kebudayaan. Supaya dapat menjadi warisan bagi para generasi muda. Saya sangat senang bisa bersama masyarakat menikmati seni dan budaya itu,"ujar Anggota DPRD Riau Daerah Pemilihan Rokan Hilir (Rohil), Zulkifli Indra SH kepada wartawan, Sabtu (3/12/2022).

Politisi Partai Demokrat ini juga menyebutkan, festival budaya lintas etnis ini juga dimaksudkan untuk membangkitkan dan mempertahankan nilai-nilai budaya yang ada di Riau, khususnya Kabupaten Rohil.

“Harapan besar saya,  festival ini membuat para generasi muda lebih mencintai kebudayaan sendiri daripada kebudayaan asing," ungkap dia.

Wakil Ketua Komisi III DPRD Riau ini menjelaskan, dengan adanya festival, nantinya juga dapat berdampak pada sektor-sektor lainnya seperti pariwisata, serta dapat meningkatkan kecintaan pada seni dan budaya daerah.

Menurut dia, warisan budaya masing-masing etnis, seperti tarian memang harus dilestarikan. Kalau tidak dilestarikan maka akan hilang atau punah. Kegiatan ini diharapkan sebagai penggerak bagi generasi muda untuk mencintai budaya dan seni tradisional daerah.

Dalam festival lintas etnis tersebut ada penampilan beragam budaya tampil. Diantaranya, penampilan musik dan lagu oleh grup Senandung Rokan Bagansiapiapi, Rokan Hilir. Penampilan Musik dan Tarian oleh Sanggar Susun Sirih Bagansiapiapi Rokan Hilir.

Ada juga  penampilan Musik dan Lagu oleh Komunitas Batak Mandailing Tapsel Kecamatan Rimba Melintang Rokan Hilir.

Selanjutnya, penampilan Zapin Bagan oleh Sanggar Sinar Rokan Bagan Siapiapi Rokan Hilir Penampilan Reog Ponorogo oleh Komunitas Keluarga jawa kecamatan Bagan Sinembah Balai Jaya Rokan Hilir. Penampilan tari dan musik oleh sanggar Sri Kemuning Bagansiapiapi Rokan Hilir. Penampilan Musik dan Lagu oleh Kumpulan Pura Mahligai Kota Dumai.

Baca Juga: Sakit Ginjal, Tahanan Satresnarkoba Polresta Pekanbaru Meninggal Dunia

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X