Hindari PMK Hewan Ternak, Babinsa Koramil 05 RM Lakukan Pendataan

- Sabtu, 3 Desember 2022 | 12:40 WIB
 (Jhoni/HRC)
(Jhoni/HRC)

HALUANRIAU.CO, ROKAN HILIR - Dalam rangka pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Koramil 05 Rimba Melintang melaksanakan pendatan ternak yang berada di wilayah Kepenghuluan Bangko Sempurna, Kecamatan Bangko Pusako, Rokan Hilir, Sabtu (3/12/2022).

Pada kesempatan tersebut, 2 orang anggota Koramil 05/RM melakukan pengecekan dan pendataan terhadap hewan ternak kambing milik Bapak Polo.

Serma Irsan dalam kesempatan tersebut menuturkan bahwa pihaknya tidak menemukan adanya ternak yang terjangkit virus PMK.

Penyakit Mulut dan Kumu (PMK) sendiri adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus yang bersifat akut dan sangat menular. Penyakit ini menyerang semua hewan berkuku belah (genap) seperti sapi, kerbau, babi dan sebagainya.

Virus ini dapat merusak jaringan sel pada ternak. Namun demikian, hewan ternak yang terkena penyakit PMK aman untuk dikonsumsi oleh manusia. Hal tersebut disampaikan oleh Dokter Hewan dan Ahli Kesehatan Masyarakat Institut Pertanian Bogor (IPB), drh. Denny Widaya Lukman. Ia menegaskan bawha PMK sendiri bukanlah penyakit yang bisa menular kepada manusia, virus ini hanya menular ke sesama hewan ternak.

Baca Juga: BUMD RP Teken Perjanjian PI 10 Persen dengan PHR WK Rokan

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Masrul Gusti Terpilih Jadi Ketua PWI Rohil

Selasa, 31 Januari 2023 | 19:52 WIB
X