Pemilu 2024, KPU Kuansing Minta Tanggapan Masyarakat Terkait Pembagian Dapil

- Jumat, 2 Desember 2022 | 16:14 WIB
Ketua KPU Kuansing, Irwan Yuhendi (internet )
Ketua KPU Kuansing, Irwan Yuhendi (internet )

HALUANRIAU.CO, KUANTAN SINGINGI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau untuk pemilihan umum tahun 2024 mendatang berencana merubah daerah-daerah yang tergabung dalam Daerah Pemilihan (Dapil).

Dimana KPU Kuansing membuat tiga opsi rancangan dengan tetap jumlah dapil sebanyak 4 Dapil, yang diusulkan KPU hanya daerah atau kecamatan-kecamatan yang tergabung di dapil terkait diacak.

Untuk itu KPU Kuansing membuka ruang kepada masyarakat agar bisa berpartisipasi memberikan tanggapan, masukan dan kritikan sebelum keputusan penetapan Daerah Dapil di Kabupaten Kuantan Singingi di tetapkan.

Hal ini dibenarkan oleh Ketua KPU Kuansing, Irwandi Yuhendi kepada haluanriau.co, Jum'at (02/12/2022) melalui pesan pribadinya saat di konfirmasi awak media.

"Iya, KPU sudah mengeluarkan surat Pengumuman Nomor: 920/PL.01.3-Pu/1409/2022 tentang Rancangan Penataan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Anggota DPRD Kuansing dalam pemilu 2024 pada tanggal 23 November 2022." katanya.

Surat tersebut menurut Irwandi Yuhendi KPU berharap ada tanggapan dari masyarakat, lembaga, organisasi kemasyarakatan, partai politik dan masyarakat secara perorangan.

"KPU memberikan ruang kepada masyarakat, lembaga, organisasi dan partai politik untuk memberikan masukan terkait rancangan penataan dapil ini. Masyarakat bisa mengunduh format tanggapan di website helpdesk.kpu.go.id/tanggapan." paparnya.

Waktu pemberian tanggapan sebelumnya dilaksanakan Foskus Grup Discusion (FGD) sejak tanggal 23 November-6 Desember 2022.

"Silahkan masyarakat mengambil formulir tanggapan ke kantor KPU atau bisa juga melalui website dalam rentang waktu sampai tanggal 6 Desember 2022. tatacara pemberian tanggapan bisa diantar langsung ke kantor KPU atau melalui web site." pungkasnya.

Untuk diketahui berdasar surat KPU tersebut ada 3 opsi usulan dari KPU Kuansing.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X