Dalam Paripurna Jawaban Pemerintah, Pemko Komitmen Bangun Kota Pekanbaru

- Rabu, 23 November 2022 | 21:30 WIB

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menyatakan komitmen dalam membangun Kota Pekanbaru, hal itu tercermin dalam hal anggaran yang dimasukan ke Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Pekanbaru Tahun 2023.

Komitmen itu ditampakkan dalam hal pembangunan infrastruktur, Pendidikan, Kesehatan dan program menekan angka kemiskinan yang diporsikan sesuai dalam APBD 2023.

Hal itu disampaikan dalamRapat Paripurna Jawaban Pemerintah terhadap Pandangan Umum Fraksi terkait Nota Keuangan R-APBD Tahun Anggaran 2023, Rabu (23/11).

"Untuk pendidikan di APBD 2023, Pemko menganggarkan Rp 600 Miliar atau 24 persen dari nilai APBD. Untuk bidang kesehatan kita anggarkan 10 persen dari APBD. Termasuk juga infrastruktur," kata Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru, Indra Pomi.

Menanggapi pandangan umum dari Fraksi Gerindra Plus terkait permasalahan banjir, Indra Pomi menjawab bahwa Kota Pekanbaru sendiri sudah memiliki masterplan penanganan banjir. Saat ini, masterplan penanganan banjir sedang dijalankan oleh Pemko guna meminimalisir terjadinya banjir di wilayah Kota Pekanbaru.

"Untuk diketahui, Kota Pekanbaru diapit oleh dua sungai besar, yakni Sungai Kampar dan Sungai Siak. Kami sudah melalukan koordinasi dengan Pemprov dan Pemkab Kampar, untuk sama-sama menangani banjir ini. Karena aliran air banjir selain di sungai-sungai kecil di Pekanbaru, juga mengalir ke Sungai Kampar," paparnya.

Selanjutnya, pertanyaan mengenai anggaran JKN-KIS, bahwa Pemko Pekanbaru sudah menganggarkan untuk KIS dan sejenisnya sebesar Rp 16 Miliar dalam R-APBD 2023.

Untuk program-program lainnya, bahwa Pj Wali Kota sudah menginstruksikan ke semua OPD, harus menjalankan program yang bermanfaat, bukan hanya kepentingan pribadi. Bahkan, kinerja seluruh OPD di lingkungan Pemko Pekanbaru juga akan dilakukan evaluasi setiap bulannya untuk mengetahui sejauh mana ukuran dan serapan anggaran.

"Yang pasti, arah pembangunan Kota Pekanbaru bergerak ke depan. Selain yang sudah terprogram, juga penghapusan kemiskinan ekstrem, yang dilakukan melalui upaya meningkatkan kesejahteraan sosial dan sebagainya," terang Indra Pomi.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Terkini

Tahun Ini, Pemko Pekanbaru Bakal Bangun Dua SMP Negeri

Selasa, 24 Januari 2023 | 13:47 WIB
X