Bagun Fasilitas Umum, Kades Lubuk Kebun Mudahkan Kebutuhan Masyarakat

- Kamis, 1 Desember 2022 | 13:56 WIB
 (Yendri/HRC)
(Yendri/HRC)

HALUANRIAU.CO, KUANTAN SINGINGI - Berbagai upaya terus dilakukan guna mensejahterakan masyarakat dan memenuhi kebutuhan masyarakat Desa Lubuk Kebun oleh Pemerintahan Desa (Pemdes) Lubuk Kebun, Kecamatan Logas Tanah Darat, Kabupaten Kuantan Singingi, Riau gelontorkan dana satu program Pembangunan Rehabilitasi Peningkatan Fasilitas Umum Mandi Cuci Kakus (MCK) melalui Dana Desa (DD) Tahun Anggaran (TA) 2022.

“Kebutuhan MCK (Mandi Cuci Kakus) menjadi kebutuhan dasar sehari hari bagi warga, inilah yang menjadi pemikiran, yang bertekad bersama aparatur Pemerintahan Desa dan warga untuk melakukan rehabilitasi MCK. Dan kini akhirnya mimpi itu terwujud,” ucap Kepala Desa Lubuk Kebun, Anjar Asmara ketika berbincang dengan haluanriau.co Kamis (01/12/2022).

Dikatakan Anjar (sapaan Kades), kegiatan rehabilitasi sarana MCK Fasilitas umum Desa ini merupakan program pemerintahan Desa Desa Lubuk Kebun,Karena hampir 40 persen masyarakat Desa Lubuk Kebun menggunakan air sungai Sangkalalo sebagai sumber kebutuhan kelangsungan hidup masyarakat.

"Maka dari pentingnya kebutuhan itu kita bangun fasilitas ini agar bermanfaat bagi masyarakat Desa Lubuk Kebun, dan yang dianggarkan dari Dana Desa (DD) tahun 2022 dengan anggaran Rp40.815.000.

Ditambahkannya, rehabilitasi MCK ini didasari atas Musyawarah Bersama dan dalam mempertimbangan kesehatan lingkungan Desa Lubuk Kebun yang menjadi sumber kebutuhan bagi masyarakat.

“Dengan rehabilitasi sarana MCK ini diharapkan dapat mengurangi pencemaran lingkungan khususnya terhadap aliran sungai dan dampak negatif yang ditimbulkan oleh buruknya sistem sanitasi bagi kesehatan masyarakat,serta dari serangan berbagai macam penyakit menular berbahaya,” jelas Anjar.

Kades Lubuk Kebun mengatakan dengan adanya rehabilitasi MCK ini akan semakin meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bagaimana pola hidup bersih dengan menjaga fasilitas sebagai milik bersama.

Lebih lanjut dia berharap bahwa program rehabilitasi fasilitas umum desa MCK ini bisa mengurangi keluhan warga sekitar dan bila ada yang ingin mandi, tentu sudah tidak terlihat di muka umum.

Menurut Anjar dengan di bangunnya fasilitas oleh Pemerintahan Desa (Pemdes), tentu akan lebih memudahkan masyarakat,terutama kaum ibu ibu, karena akses menuju MCK juga di bagun jalan dengan berbentuk tangga cor baru semen.

"Hendaknya masyarakat desa merasa memiliki agar terjaga, kebersihan dan keutuhan bangunan tersebut, agar kita saling bisa memberikan mutu terhadap masyarakat," tutup Anjar.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X