Pemdes Bumi Mulya Serahkan Bantuan 1 Ekor Sapi Untuk 1 RT

- Kamis, 1 Desember 2022 | 13:42 WIB
Ternak sapi ketahanan pangan Desa Bumi Mulya, Kecamatan Logas Tanah Darat (Yendri/HRC)
Ternak sapi ketahanan pangan Desa Bumi Mulya, Kecamatan Logas Tanah Darat (Yendri/HRC)

HALUANRIAU.CO, KUANTAN SINGINGI - Pemerintah Desa (Pemdes) Bumi Mulya, Kecamatan Logas Tanah Darat, Kabupaten Kuantan Singingi, Riau melakukan kegiatan penyerahan bantuan ketahanan pangan (Hewan ternak Sapi) yang di peruntukan 1 (satu) ekor sapi untuk satu Rukun Tetangga (RT).

Terdapat 12 (Dua Belas) RT di Desa Bumi Mulya masing masing RT mendapatkan bantuan ternak ruminansia itu sebagai bentuk perhatian Pemerintah Desa terhadap masyarakat sebagai peningkatan ekonomi pasca Corona Virus Disease (Covid 19).

Dengan memanfaatkan Dana Desa (DD) Tahun Anggaran (TA) 2022 Pemerintah Desa (Pemdes) Bumi Mulya menganggarkan dana sebesar Rp120.000.000 (seratus dua puluh juta rupiah) untuk 12 ekor sapi.

"Untuk tahun 2022 ini kita selaku Pemerintahan Desa Bumi Mulya menganggarkan Rp 120 juta untuk pembelian ternak sapi, hal ini hendaknya bisa menunjang perekonomian masyarakat Desa Bumi Mulya pasca covid 19 ini, " Ujar H Sunyeto Kepala Desa Bumi Mulya kepada Haluanriau.co (01/12/2022).

Dikatakan Sunyeto, selain ternak sapi ini bisa menghasilkan keturunan, sapi berjenis bali ini juga merupakan sapi penghasil daging dengan harga terjangkau oleh masyarakat, dan pertumbuhan nya berskala cepat, bahkan satu tahun bisa berkembang biak satu ekor, baik secara kawin pejantan maupun menggunakan inseminasi dengan injeksi (suntik).

"Ternak sapi bali ini mudah, bahkan satu tahun satu ekor bisa berkembang biak, baik kawin dengan pejantan maupun dengan inseminasi buatan," ujar mbah (sapaan akrab Sunyeto).

Selain mudah berkembang biak, kata Sunyeto, pakan yang akan menjadi makanan ternak sapi nantinya juga mudah di dapat oleh masyarakat dan tidak jauh dari areal pemungkiman.

"Selain mudah produksi perkembangbiakan, pakan juga mudah di dapat, dan tidak jauh dari pemungkiman, seperti kebun kelapa sawit masyarakat, bahkan bisa lepas ikat (gembala)," tutur Sunyeto.

Sunyeto berharap,penyerahan bantuan ketahanan pangan berupa ternak sapi diharapkan akan meningkatkan kualitas ketahanan pangan Desa Bumi Mulya yang telah dibagi kepada setiap kelompok penerima di masing masing RT dan dijaga dengan sebaik-baiknya.

Baca Juga: Diduga Bocor, Perahu Penyebrangan di Merempan Hulu Siak Karam

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X