Penghargaan Kapolres Untuk Pahlawan Tanpa Tanda Jasa di Pedalaman Talang Mamak

- Jumat, 25 November 2022 | 15:06 WIB
 (Eka/HRC)
(Eka/HRC)

HALUANRIAU.CO, INDRAGIRI HULU - Hanya secuil penghargaan dan tanda terima kasih yang diantarkan Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Indragiri Hulu (Inhu), AKBP Bachtiar Alponso, tak sebanding dengan jasa-jasa mereka dalam mencerdaskan anak-anak suku pedalaman Talang Mamak.

Namun, rasa haru dan gembira tak dapat mereka sembunyikan, ketika Kapolres Inhu bersama Pejabat Utama (PJU) Polres Inhu mendatangi para guru atau tenaga pendidik di pedalaman Talang Mamak sembari menyerahkan penghargaan atas dedikasi mereka serta bantuan buku tulis, peralatan belajar, uang, sembako, makanan tambahan untuk ibu hamil serta bahan kebutuhan harian lainnya.

Penghargaan untuk para guru dan bantuan sosial ini dilaksanakan, Kamis 24 November 2022 pagi, dengan daerah sasaran,  SDN 004 kelas jauh Dusun Nunusan, Desa Rantau Langsat, Kecamatan Batang Gansal, Kabupaten Inhu, dalam rangka memperingati Hari Guru ke-77 tahun 2022.

Meski menempuh perjalanan yang cukup jauh, namun Kapolres Inhu beserta rombongan, Kamis pagi berangkat dari Rengat ke Kecamatan Batang Gansal memakan waktu sekitar 2 jam, singgah di Polsek Batang Gansal. Kemudian melanjutkan perjalanan darat ke Desa Rantau Langsat selama lebih kurang 1,5 jam.

Tidak sampai disana saja, untuk menuju Dusun Nunusan, harus menggunakan transpor air, sampan motor, melawan derasnya arus Sungai Gansal menuju hulu selama lebih kurang 2 jam, hingga akhirnya, Kapolres serta rombongan bisa berlabuh dan menginjakkan kaki di Dusun Nunusan, Kamis siang.

Rombingan Kapolres Inhu menuju Desa Pedalaman Suku Talang Mamak (Eka/HRC)
Sesampainya Kapolres di SDN 04 Kelas jauh Dusun Nunusan, bersilaturahmi dengan guru dan siswa di sekolah pedalaman itu, sambil melakukan tanya jawab dengan para siswa dan memberikan hadiah coklat dan makanan ringan bagi yang berhasil menjawab pertanyaan dari Kapolres  tampak antusiasme para murid saat itu.

Tak ingin mengecewakan seluruh murid diakhir tanya jawab Kapolres membagikan coklat dan makanan ringan keseluruh siswa disana dan ikut makan coklat bersama siswa/i suku pedalaman dusun nunusan. Kemudian Kapolres menyerahkan penghargaan kepada Kepala Sekolah (Kepsek) SDN 04 lokal jauh, Warnibeta, S.Pd, penghargaan atas semangat pengabdian dan dedikasi sebagai pembina serta motivator guru suku pedalaman Talang Mamak kelas jauh.

Selanjutnya, Niarti, guru SDN 04 kelas jauh, penghargaan diberikan atas semangat pengabdian dan dedikasi sebagai guru daerah terpencil, Niarti telah mengajar di SDN 04 kelas jauh sejak tahun 2016 silam.

Kemudian, Rosita Ayu Harahap, guru SDN 04 kelas jauh, juga mendapat penghargaan dari Kapolres Inhu atas semangat pengabdian dan dedikasi yang tinggi sebagai guru di daerah pedalaman sejak tahun 2019 lalu.

"Tetap semangat untuk mengajar dan mendidik anak-anak suku pedalaman Talang Mamak, pada anak-anak, rajin dan tekunlah belajar, kejar terus cita-cita kalian, demi masa depan yang lebih cerah," pesan Kapolres ketika acara itu.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menuju WBK, Rutan Rengat Teken Komitmen Bersama

Kamis, 26 Januari 2023 | 20:53 WIB

Dugaan Mafia Tanah Ikut Bermain Kasus Internal PT NHR

Kamis, 12 Januari 2023 | 15:57 WIB

UMK Inhu 2023 Diusulkan Naik 8,61 Persen

Rabu, 30 November 2022 | 11:47 WIB

PN Rengat Tunda Eksekusi Lapangan Sepak Bola Belilas

Selasa, 29 November 2022 | 13:28 WIB

PT Tasma Puja Siagakan Alat Berat di Jalinsel

Rabu, 23 November 2022 | 12:38 WIB
X