Menteri PPPA Resmikan Desa Ramah Perempuan Binaan PEP Lirik dan PHE Kampar

- Selasa, 15 November 2022 | 19:03 WIB
 (Jason/HRC)
(Jason/HRC)

HALUANRIAU.CO, INDRAGIRI HULU - Pertamina EP (PEP) Lirik Field dan Pertamina Hulu Energi (PHE) Kampar (Pertamina Lirik-Kampar Field) bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu dalam menyambut kunjungan kerja Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia, I Gusti Ayu Bintang Darmawati, ke Kabupaten Indragiri Hulu, Riau, pada Kamis (10/11).

Agenda kunjungan kerja kali ini diantaranya adalah meresmikan salah satu desa binaan Pertamina Lirik-Kampar Field, yakni Desa Japura, Kecamatan Lirik, sebagai Desa Ramah Perempuan Peduli Anak. Program pengembangan Desa Ramah Perempuan Peduli Anak merupakan salah satu bentuk dukungan Kabupaten Layak Anak dengan Peringkat Nindya dari Kementerian PPPA yang telah diraih pada Juli lalu.

Turut hadir dalam kegiatan ini Deputi Bidang Perlindungan Hak Perempuan Kementerian PPPA, Ratna Susianawati, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Dukcapil Riau, Djoko Edy Imhar, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Riau, Hj. Fariza, Bupati Indragiri Hulu, Rezita Meylani Yoppie, Kapolres Indragiri Hulu, Bakhtiar Alponso, Kepala Kejaksaan Negeri Indragiri Hulu, Romiyasi, serta jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Riau dan Kabupaten Indragiri Hulu.

Sebelum mengunjungi Desa Japura, Menteri PPPA beserta rombongan disambut manajemen Pertamina Lirik-Kampar Field untuk makan siang bersama di Mess Patra, kantor PEP Lirik Field. Dalam kesempatan tersebut, Menteri PPPA, I Gusti Ayu Bintang Darmawati, SE, M.Si., menyampaikan apresiasinya atas inisiasi dan partisipasi aktif perusahaan dalam mendukung program pemerintah terutama dalam hal penegakan hak-hak anak dan perempuan.

“Terima kasih kepada Pertamina atas kerja nyatanya. Bahkan selama pandemi Pertamina juga menjadi salah satu yang paling aktif membantu di berbagai daerah. Terima kasih atas upayanya menciptakan lingkungan yang lebih bersahabat bagi anak-anak dan perempuan khususnya, dan masyarakat secara umum,” terangnya.

Field Manager Lirik dan Kampar, Kurniawan Triyo Widodo, menyampaikan komitmen perusahaan untuk terus melaksanakan program pemberdayaan masyarakat secara berkelanjutan.

“Meningkatkan kesempatan untuk pemerataan kesejahteraan dan kesetaraan gender yang termaktub dalam SDG’s itu tugas kita bersama. Jadi baik perusahaan, pemerintah, dan masyarakat harus bahu membahu mewujudkan masyarakat yang sehat demi masa depan anak-anak kita nanti,” ujar Triyo.

“Sejak 2019, PEP Lirik Field telah membentuk Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA) bersertifikasi nasional di kawasan Wisata Alam Lirik untuk mengakomodir kebutuhan bermain anak yang nyaman dan aman,” tambah Triyo.

Baca Juga: Empat Periwira Disertijabkan, Ada Polwan Pertama Jabat Kasatlantas Polresta Pekanbaru

Seusai makan siang, rombongan mengunjungi Desa Japura untuk peresmian Desa Japura sebagai Desa Ramah Perempuan Peduli Anak. Bukti nyata Pertamina Lirik-Kampar Field dalam mendukung pembangunan di Desa Japura diantaranya adalah arena bermain anak beserta permainan tradisional, pembangunan ruang laktasi/menyusui, pelatiham produk UMKM dan pelatihan kelompok tani budidaya kunyit hitam untuk tanaman obat.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menuju WBK, Rutan Rengat Teken Komitmen Bersama

Kamis, 26 Januari 2023 | 20:53 WIB

Dugaan Mafia Tanah Ikut Bermain Kasus Internal PT NHR

Kamis, 12 Januari 2023 | 15:57 WIB

UMK Inhu 2023 Diusulkan Naik 8,61 Persen

Rabu, 30 November 2022 | 11:47 WIB

PN Rengat Tunda Eksekusi Lapangan Sepak Bola Belilas

Selasa, 29 November 2022 | 13:28 WIB

PT Tasma Puja Siagakan Alat Berat di Jalinsel

Rabu, 23 November 2022 | 12:38 WIB
X