Bhabinkamtibmas Tangkerang Timur Bina UMKM Hingga Sediakan Lahan Gratis

- Senin, 7 November 2022 | 16:09 WIB
Bhabinkamtibmas Tangkerang Timur Aipda S Bagus Kuncoro memantau perkembangan dari UMKM yang dibinanya.  (Akmal/HRC)
Bhabinkamtibmas Tangkerang Timur Aipda S Bagus Kuncoro memantau perkembangan dari UMKM yang dibinanya. (Akmal/HRC)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Dalam mewujudkan pergerakan ekonomi masyarakat tidak melulu menjadi kewajiban instansi pemerintah, semua pihak bisa ambil peran dalam meningkatkan ekonomi masyatakat.

Seperti yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Kelurahan Tangkerang Timur, Aipda S. Bagus Kuncoro yang membina puluhan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) semenjak Pandemi Covid 19.

Aipda Bagus menyediakan lahan berjualan bagi puluhan UMKM tersebut, yakni bekerjasama dengan Taman Rekreasi Alam Mayang. Puluhan UMKM itu diberi tempat khusus di kawasan taman rekreasi tersebut untuk berjualan.

"Ini merupakan program Polri yang menjadikan Bhabinkamtibmas sebagai motor penggerak perekonomian masyarakat kecil. Dan langkah ini berhasil dilakukan," ungkap Kapolsek Tenayan Raya, Kompol Manapar Situmeang, Senin (7/11).

Lahan berjualan yang disediakan itu dijamin oleh Bhabinkamtibmas, Aipda Bagus jauh dari tindak pungutan liar ataupun dalam bentuk retribusi apapun, lahan itu digratiskan bagi pelaku UMKM yang ada di wilayah hukum Bhabinkamtibmas Kelurahan Tangkerang Timur.

"Bhabinkamtibmas Aipda Bagus berkolaborasi dengan pengelola taman rekreasi, pelaku UMKM itu ditempatkan di pintu masuknya, pelaku UMKM itu berjualan tidak ada pungutan ataupun sewa lahan, semuanya gratis, kita yang memfasilitasinya," papar Kompol Manapar.

Memberikan ruang bagi pelaku UMKM dimasa sekarang ini dirasa sangat perlu, sebab mereka memiliki ketidakmampuan untuk menyewa lahan untuk berjualan, maka dari itu munculnya ide untuk membantu.

Yang digratiskan bukan sewa lahan saja, melainkan semua fasilitasnya yakni aliran listrik hingga akses toilet bagi pembeli jajanan UMKM tersebut.

"Alhamdulillah, saat ini sudah berjalan lebih dari 20 pelaku UMKM yang berjualan disana. Bermacam UMKM yang berjualan.  Semoga upaya ini berkesinambungan dalam masa yang panjang sehingga perekonomian masyarakat bawah semakin meningkat dengan UMKM yang bergerak maju," pungkasnya.

(Mal)

Baca Juga: Gelar Razia di Tempat Hiburan di Pekanbaru, 14 Orang Pengunjung Diamankan

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pajero Laka Tunggal Terbalik di Bundaran Keris

Selasa, 7 Februari 2023 | 10:38 WIB
X