Suguhkan Pacu Jalur Expo di Ajang Porprov X, Pemkab Kuansing Sediakan Hadiah Hewan Ternak

- Senin, 7 November 2022 | 11:12 WIB
Dua jalur sedang berpacu. (Akmal)
Dua jalur sedang berpacu. (Akmal)

HALUANRIAU.CO, TELUK KUANTAN-Event Pacu Jalur akan berlangsung selama pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke X di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) akhir pekan ini.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kuansing mengemas pelaksanaannya dengan sebutan Pacu Jalur Expo dan menunjuk Limbago Adat Nogori (LAN) Kuansing Singingi (KS) sebagai pihak penyelenggara.

Sekretaris Jendral (Sekjend) LAN KS Emil Harda menyebut bahwa Pacu Jalur Expo ini akan berlangsung selama tiga hari, yakni sejak 12 November 2022 hingga 14 November 2022.

"Undangan sudah kita sebar, pendaftaran dibuka Rabu (9/11) sampai Jumat (11/11)," jawab Emil Harda, Senin (7/11).

Event Pacu Jalur Expo ini, sebut Emil, aturannya sama saja dengan event terdahulu, tidak ada batasan jumlah peserta jalur.

"Enggak (batasan), kita buka secara umum dan pelaksanaannya seperti pacu biasanya," papar mantan Kades Seberang Teluk itu.

Pihak penyelenggara menyediakan hadiah yang terbilang fantastis, sama dengan hadiah pacu jalur biasanya, ada hewan ternak dan uang pembinaan.

"Juara satu itu kerbau, juara duanya sapi dan juara tiga itu kambing sepasang. Uang pembinaan ada, (jumlah) tergantung dari kecukupan dana dan donatur," ulas pria bergelar Datuk Panduko Rajo itu.

Pacu Jalur Expo ini dirasa perlu oleh Pemkab Kuansing, bertujuan untuk memperkenalkan budaya Kuansing, mengingat ada 12 Kabupaten/Kota yang akan mengikuti ajang Porprov X nantinya.

Halaman:

Editor: Akmal

Terkini

X