Perkuat Program KKN-PPM, Pj Bupati Kampar Lakukan MoU dengan Universitas Gajah Mada

- Jumat, 4 November 2022 | 18:01 WIB
Pj Bupati Kampar Dr.H.Drs Kamsol MM bersama Rektor Universitas Gaja Mada (UGM) Prof .dr .Ir .Ova Emilia. M. Med.Ed.Sp.OG(K).P.Hd usai penandatanganan MoU (Amri/HRC)
Pj Bupati Kampar Dr.H.Drs Kamsol MM bersama Rektor Universitas Gaja Mada (UGM) Prof .dr .Ir .Ova Emilia. M. Med.Ed.Sp.OG(K).P.Hd usai penandatanganan MoU (Amri/HRC)

HALUANRIAU.CO, YOGYAKARTA - Pj Bupati Kampar Kamsol melakukan MoU antara Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar dengan Universitas Gajah Mada (UGM) dalam penguatan program kemitraan kuliah kerja nyata pembelajaran pemberdayaan masyarakat (KKN-PPM) UGM dan masyarakat untuk pencapain pembangunan berkelanjutan.

Kegiatan ini nantinya akan sangat membatu mahasiswa UGM yang akan melaksanakan aktivitas di Kampar. Selain itu masyarakat kampar juga akan mendapat  manfaat atas kedatangan mahasiswa UGM baik itu dari segi ilmu pengetahun maupun yang lainnya.

Hadir dalam kegiatan itu Wakil Rektor UGM Bidang Pendidikan dan Pengajaran Prof.Dr.Wening Udasmoro. S.S.M.Hum. DEA, Staf Ahli Menpan Bidang Pemerintahan dan Otonomi Daerah Drs. Jufri Rahman.M.Si, Bupati Halmahera Selatan Usman Sidik, Direktur Pengabdian Kepada Masyarakat UGM Dr. dr. Rustamaji. M. Kes. MoU tersebut digelar di Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, Kamis(03/11).

Usai melakukan MoU bersama UGM Pj.Bupati Kampar dalam sambutannya menyampaikan Pemerintah Kabupaten Kampar sangat mengapresiasi kegiatan pelaksanaan program KKN-PPM UGM di Kabupaten Kampar.

Kamsol juga menjelaskan tanggal 25 Juni lalu Mahasiswa  KKN-PPM Universitas Gajah Mada melakukan aktivitasnya ke Kabupaten Kampar tepatnya di Desa Kumantan dan Desa Ridan Permai. Ia juga mengatakan tugas KKN PPM yang dilakukan mahasiswa UGM diantaranya pemetaan data kependudukan, pemetaan infrastruktur, pendataan kondisi stunting, pementaan kondisi sosial ekonomi, pertanian, perencanaan desain ruang terbuka hijau, program sosialisasi digital marketing UMKM, partisipasi kegiatan kurban, mahasiswa KKN ini sangat baik berdekatan atau sosialisasi dengan masyarakat.

“KKN-PPM merupakan suatu kegiatan yang diselenggarakan oleh universitas dan wajib untuk diikuti oleh mahasiswa dari semua jurusan, kegiatan ini dilakukan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa agar bisa mengimplementasikan ilmu yang sudah didapat di kehidupan masyarakat secara langsung," ujar Kamsol yang juga menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut.

Klik di sini untuk mendapatkan voucher Pegadaian

Dikatakannya, dalam pelaksanaan KKN, mahasiswa berperan sebagai pemberi solusi, jika ada masalah yang terjadi di masyarakat, maka mahasiswa datang untuk memberikan solusi dari masalah tersebut. Lewat program-program kerja yang dijalankan, diharapkan masalah masyarakat bisa terselesaikan dengan baik.

Kamsol menjelaskan tentang strategi Pemkab Kampar dalam menghapus kemiskinan ekstrim di Desa sangat tertinggal sekitar Desa Rimbang Baling, komoditi pertanian berkelanjutan untuk petani sejatera dalam program petani mandiri Kabupaten Kampar. Selain itu juga ada perikanan, minyak bumi, minyak kelapa sawit, objek wisata dan usaha kecil menengah.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jokowi Resmikan Tol Pekanbaru -Bangkinang

Rabu, 4 Januari 2023 | 16:00 WIB

Pj Bupati Kampar Salurkan 1.500 Paket Sembako Murah

Selasa, 27 Desember 2022 | 15:36 WIB
X