Kades Buluh Cina Gunakan Dana BUMDes untuk Pelantikan dan Syukuran, Inspektorat Kampar Lakukan Pemeriksaan

- Jumat, 4 November 2022 | 17:55 WIB
Inspektur Pembantu (Irba) V Inspektorat Kabupaten Kampar, Rainol DS (Amri/HRC)
Inspektur Pembantu (Irba) V Inspektorat Kabupaten Kampar, Rainol DS (Amri/HRC)

HALUANRIAU.CO, KAMPAR - Inspektorat Kabupaten Kampar menegaskan tetap akan melanjutkan pemeriksaan dugaan penyelewenangan pengelolaan keuangan dana desa di Desa Buluh Cina, Kecamatan Siak Hulu. Meskipun pihak pelapor dan terlapor sudah sepakat untuk berdamai pihak Inspektorat tetap melakukan pemeriksaan khusus.

Adapun pelapor yang dimaksud adalah Datuk Majolelo dan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Burhanudin dan lainnya. Sedangkan yang terlapor adalah Kepala Desa Buluh Cina, Azrianto, mereka melaporkan kadesnya itu ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Kampar, kemudian pihak kejaksaan melimpahkan ke Inspektorat Kampar.

"Pemeriksaan khusus tetap dilakukan Inspektorat Kampar. Karena pelaporan itu merupakan pelimpahan dari Kejaksaan Negeri Kamapar," ujar Inspektur Pembantu (Irba) V Inspektorat Kampar, Rainol DS kepada sejumlah wartawan di Kantor Inspektorat setempat, Kamis (03/11/2022) kemarin.

Dikatakan Rainol, saat pertemuan mediasi yang di fasilitasi oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kampar, pada Kamis (27/10/2022) lalu. Dihadiri Sekretaris DPMD, Kabid Pemdes dan Kabid Keuangan. Kemudian Camat Siak Hulu serta pelapor Datuk Majolelo, anggota BPD Desa Buluh Cina Burhanudin dan sejumlah wartawan serta terlapor Kades Buluh Cina Azrianto.

"Kami jelaskan saat itu, pemeriksaan kami tak akan batal oleh kesepakatan ini karena kami tetap lanjutkan pemeriksaan. Apapun hasilnya, itu menjadi tanggungjawab kades untuk tidak lanjutnya. Item-item yang menjadi pelaporan masyarakat akan tetap diperiksa," jelasnya.

"Jika ada pelaporan oleh tim nantinya dan kalau ada indikasi kerugian keuangan desa dan negara tentu harus dipulihkan oleh kades," sambung Rainol.

Ia mengungkap, Desa Buluhcina masuk dalam pemeriksaan reguler gelombang ketiga laporan hasil pemeriksaan (LHP) akan segera rampung. Jadi keuangan desa dan pemerintah desa diperiksa termasuk kadesnya.

"Setelah kami menerima berkas dari Kejari Kampar, kami akan mengagendakan untuk melakukan pemeriksaan tujuan tertentu atau khusus. Kebetulan kami juga laksanakan pemeriksaan reguler," bebernya.

Rainol menyebut, telah bekoordinasi dengan Irban Wilayah dan berkas palaporan langsung ia tangani dan diserahkan ke Irban Wilayah untuk untuk melaksanalaam pemeriksaan mendalam.

"Memang pemeriksaan reguler tapi khusus pengaduan dan item yang dilaporkan diperdalam. Berselang dilakukan pemeriksaan di Desa Buluh Cina, beberapa minggu kemudian pihak pelapor berkonsultasi dengan Inspektorat menanyakan apakah memang benar ada pelimpahan dari Kejari, kami sampaikan pelaporan itu benar kami terima," terangnya.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jokowi Resmikan Tol Pekanbaru -Bangkinang

Rabu, 4 Januari 2023 | 16:00 WIB

Pj Bupati Kampar Salurkan 1.500 Paket Sembako Murah

Selasa, 27 Desember 2022 | 15:36 WIB
X