Peralihan Ditangan DLHK Pekanbaru, Pemko Bersikukuh BLUD Pengelolaan Sampah

- Kamis, 3 November 2022 | 12:52 WIB
Sekda Kota Pekanbaru M Jamil saat diwawancarai seusai menghadiri rapat paripurna di DPRD Kota Pekanbaru. (Akmal)
Sekda Kota Pekanbaru M Jamil saat diwawancarai seusai menghadiri rapat paripurna di DPRD Kota Pekanbaru. (Akmal)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menyatakan bersikukuh akan mengalihkan sistem pengelolaan sampah di tahun 2023, dari sistem swastanisasi ke sistem Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Meski peralihan itu hampir dikatakan mustahil mengingat masa tenggat waktu sudah dipenghujung tahun 2022.

Kemustahilan itu pun sejalan dengan konsep BLUD sendiri yang belum rampung oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru. Begitupun dengan kejelasan tahapan proses lelang pengelolaan sampah jikalau ingin di swatanisasi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru Muhammad Jamil menyebut peralihan sistem pengelolaan itu tergantung dari DLHK Kota Pekanbaru yang notabenenya sebagai pihak yang bertangungjawab dalam menyiapkan konsep BLUD tersebut.

"Kita komit mem-BLUD kan, sekarang tinggal lagi OPD terkait (DLHK) mengejar atau memacu (konsep BLUD), sejauh mana mereka selesainya sudah ada laporan," terang Sekda Kota Pekanbaru M Jamil, Kamis (3/11).

Baca Juga: Covid Subvarian XBB Meningkat, Malaysia Pake Masker Kembali

 

 

Untuk progres BLUD, sebut Jamil, diperkirakan sudah siap hanya tinggal mematangkan secara mekanisme. Untuk itu, penerapan peralihan ini masih menunggu dari DLHK Kota Pekanbaru, kalau mampu merampungkan hingga Desember 2022 maka fix peralihan dilakukan.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Tags

Terkini

Tahun Ini, Pemko Pekanbaru Bakal Bangun Dua SMP Negeri

Selasa, 24 Januari 2023 | 13:47 WIB
X