Manfaatkan Sampah Menjadi Nilai Ekonomis, CSR PT IKPP Taja Pelatihan Bank Sampah Bagi Warga Perawang

- Selasa, 18 Oktober 2022 | 15:55 WIB
Peserta Pelatihan Bank Sampah foto bersama usai pembukaan pelatihan (Dolly/HRC)
Peserta Pelatihan Bank Sampah foto bersama usai pembukaan pelatihan (Dolly/HRC)

HALUANRIAU.CO, SIAK - Sampah adalah salah satu barang bekas pakai yang biasanya dibuang begitu saja oleh setiap penggunanya, namun sampah memiliki nilai ekonomis apabila bisa dikelolah secara tepat dan benar.

Menyikapi hal tersebut, PT Indah Kiat Pulp and Paper (PT IKPP) Perawang Mill, melalui Corporate Social Responsibility (CSR) menggelar pelatihan Bank Sampah se-Kecamatan Tualang, Selasa (18/10).

Kegiatan yang berlangsung di rumah pintar Abdul Wahid, Kelurahan Perawang, Kecamatan Tualang itu menggandeng bank sampah Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru yang dipimpin langsung oleh Prama Widayat dan Alexander Yandra, dalam memberikan edukasi kepada 30 orang peserta.

Dalam kesempatan itu, direktur Bank Sampah Universitas Riau Prama Widayat SE, MM didampingi Wakil Direktur, Alexander Yandra mengatakan bahwa bank sampah merupakan salah satu strategi penerapan 3R (Reuse, Reduce, Recycle) dalam pengelolaan sampah yang menjadi permasalahan lingkungan saat ini.

"Tingginya angka pencemaran lingkungan yang berasal dari limbah rumah tangga menjadikan bank sampah sebagai salah satu solusi untuk mengurangi permasalahan lingkungan saat ini. Maka dari itu, peran kepedulian Baik itu dari pemerintahan, perusahaan serta elemen masyarakat menjadi sangat penting saat ini," ungkapnya saat memberikan materi pelatihan bank sampah di Rumpin Abdul Wahid di Kelurahan Perawang, Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, Riau.

Klik di sini untuk mendapatkan voucher Pegadaian

Baca Juga: BPBJ Pelalawan Batalkan 6 Paket Proyek pada tahun 2022

Dihadapan 30 puluhan peserta pelatihan bank sampah itu, ia meminta kepada para peserta agar dapat mengikuti pelatihan dengan serius, sehingga materi yang disampaikan dapat menjadi manfaat besar untuk lingkungan sekitar.

"Harapan kita para peserta ini dapat mengikuti pelatihan ini dengan serius. Karena nantinya para peserta inilah yang akan mensosialisasikan pentingnya pengelolaan sampah di tengah masyarakat. Tentunya dengan peran berbagai pihak baik itu pemerintah, perusahaan dan elemen masyarakat lainnya," terangnya.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kabupaten Siak Menjadi Tuan Rumah Rakernas Pordasi

Sabtu, 28 Januari 2023 | 10:35 WIB
X