Dengan Program Berbeda, 320 Unit RLH Sedang Dibangun di Meranti

- Selasa, 11 Oktober 2022 | 14:57 WIB
Rumah layak huni yang sedang dikerjakan (Nurokhim/HRC)
Rumah layak huni yang sedang dikerjakan (Nurokhim/HRC)

HALUANRIAU.CO, MERANTI - Pemerintah saat ini tengah gencar untuk membangun perumahan layak huni (RLH) untuk masyarakat kurang mampu  di wilayah Kabupaten Kepulauan Meranti melalui Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman Pertanahan dan Lingkungan Hidup.

Pembangunan rumah layak huni sebanyak 20 unit rumah yang dibangun melalui dana Bankeu Provinsi Riau dan juga 300 unit rumah yang dibangun melalui sumber dana alokasi khusus (DAK) dan juga anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Kepulauan Meranti.

Jumlah rumah yang saat ini dibangun tersebut tersebar hampir di seluruh desa di Kecamatan yang ada di Kabupaten termuda di Provinsi Riau.

"Untuk program rumah itu semuanya untuk mulai jalan, bahkan perumahan yang sumber Bankeu itu ada yang sudah hampir 70 persen sudah siap," terang Kabid Perumahan dan Kawasan Permukiman Winhardi ST, pada Senin 10/10/2022 siang di ruang kerjanya.

Dijelaskan Winhardi, dari dua program tersebut ada mekanisme yang berbeda, dimana perumahan yang bersumber dana Bankeu Provinsi itu dengan rumah per item senilai 68 jutaan dengan model rata-rata bangunan batu, dengan mekanisme pencairan 2 kali.

Klik di sini untuk mendapatkan voucher Pegadaian

Sedangkan perumahan dengan sumber dana DAK dan ditambah dengan Budgeting dari APBD Kepulauan Meranti untuk per-item senilai 40 juta dengan model bangunan kayu, dengan mekanisme 3 kali pencairan.

"Kalau untuk pembuatannya dan pengelolaan itu langsung dikelola oleh kelompok masyarakat (pokmas) setempat dan dipantau oleh tenaga fasilitator lapangan (TFL) dan pihak kita," ungkap Winhardi.

Dirinya juga berharap dengan dua program perumahan layak huni ini dapat berjalan sesuai dengan rencana dan target yang telah ditetapkan.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X