Kejari Kampar, Terima Tahap II Kasus Pemalsuan Surat Swab Antigen

- Kamis, 29 Juli 2021 | 22:07 WIB
Jaksa terima tersangka dan barang bukti kasus pemalsuan surat swab antigen.
Jaksa terima tersangka dan barang bukti kasus pemalsuan surat swab antigen.

HALUANRIAU.CO, KAMPAR - Kejaksaan Negeri Kampar menerima pelimpahan tahap II perkara pemalsuan surat bebas Covid-19. Dari Kejaksaan Tinggi Riau, perkara itu sebelumnya ditangani oleh penyidik Polda Riau.

"Ya benar, kita hari ini menerima tahap II dari Kejati Riau, perkara pemalsuan surat swab antigen. Terdakwanya 1 orang inisial AP, yang merupakan warga Kampar, " ujar Kepala Kejari (Kajari) Kampar Arif Budiman melalui Kepala Seksi (Kasi) Pidana Umum (Pidum) Sabar Gunawan, pada haluanriau.co, Kamis (29/7).

Sabar menjelaskan, modus terdakwa AP itu bisa mengeluarkan surat dengan hasil negatif tanpa dilakukan test rapid antigen. Jadi surat ini dipergunakan seolah - olah asli, sesuai dengan syarat protokol kesehatan untuk melakukan perjalanan melalui udara dengan menggunakan fasilitas pesawat.

Dari keterangan terdakwa sebut Sabar Gunawan, terdakwa mengakui bahwa ia menjual surat palsu itu kepada orang yang ingin melakukan perjalanan melalui akses udara.

"Terdakwa AP menjual surat palsu itu dengan harga bervariasi sekitar Rp100 ribu sampai dengan Rp200 ribu persuratnya," kata Sabar Gunawan.

Jadi lanjut dia, bagi yang ingin melakukan perjalanan dengan fasilitas pesawat, terdakwa AP menyediakan surat dengan kop salahsatu Rumah Sakit di Pekanbaru. Surat rapid test antigen yang sudah dibuat oleh terdakwa tanpa melalui tes, namun sudah memiliki hasil negatif.

"Dari keterangan terdakwa, ia mengakui bahwa itu murni perbuatannya sendiri dengan mencaplok surat hasil tersebut dengan memakai kop salah satu rumah sakit di Pekanbaru," kata mantan Kasubbag Bin Kejari Kepulauan Meranti itu.

Ia mengaskan, tidak menutup kemungkinan terdakwa ini bekerjasama dengan pihak lain. Sebab menurut dia, untuk menjalankan aksinya terdakwa ini tidak mungkin seorang diri.

"Setelah tahap II ini kita akan melakukan pemeriksaan terhadap para saksi dimuka persidangan. Jadi nanti akan nampak terang keterlibatan terdakwa dan siapa - siapa saja yang membantu dalam pelaksanaan perbuatan dari terdakwa tersebut," pungkasnya.

Editor: Eka Buana Putra

Sumber: Amri

Tags

Terkini

KNPI Kampar Minta Agar PT Padasa Penuhi Hak Eks Karyawan

Senin, 20 September 2021 | 12:23 WIB

Hari Naurianto Resmi Jabat Kasi Pidum Kejari Kampar

Jumat, 10 September 2021 | 11:57 WIB
X