Fajar Lase Ajak Siswa SMAN 3 Kandis Tingkatkan Skill Digital

- Rabu, 5 Oktober 2022 | 19:00 WIB
Potret Fajar Lase saat memberikan motifasi dihadapan Siswa-Siswi di Kecamatan Kandis (Dolly/HRC)
Potret Fajar Lase saat memberikan motifasi dihadapan Siswa-Siswi di Kecamatan Kandis (Dolly/HRC)

HALUANRIAU.CO, SIAK - Staf Khusus Menkumham Bidang Transformasi Digital, Fajar BS Lase mengajak siswa SMA Negeri 3 Kandis meningkatkan skill atau keterampilan digital.

Menurut dia, peluang kerja Generasi Z kemungkinan besar berada pada bidang teknologi informasi.

"Era digital sekarang diperlukan skill set yang lebih luas, karena ranah sosial juga mulai berkembang ke ranah digital," kata Fajar Lase saat menyapa dan sosialisasi kekayaan intelektual (KI) kepada ratusan siswa SMAN 3 Kandis, Rabu (5/10/2022).

Disebutkan Fajar, berdasarkan data BPS 2022, populasi terbanyak di Siak adalah Generasi Z sebanyak 139.035 orang, lalu Milenial sebanyak 118.831. "Siswa SMA merupakan jumlah generasi yang terbanyak secara global, karena menurut riset Nielsen di 2020, menyatakan bahwa 1 dan 3 orang masuk ke kategori Generasi Z," ungkapnya.

Dia juga mengungkapkan, berdasarkan hasil penelitian, sebanyak 70 persen generasi milenial dan Gen Z tidak mau kerja terikat, karena mereka adalah generasi kreatif dan mandiri. Sebab, Gen Z memiliki daya pikir, kreativitas dan terlatih untuk mencari segala sesuatunya dengan gadget, sehingga sangat cepat untuk mengambil keputusan, karena gampang mencari informasi.

"Untuk itu, pekerjaan-pekerjaan potensial untuk anak-anak Gen Z ini sekarang seperti konten kreator, videografer, blogger dan lainnya.”

Kalianlah pelaku-pelakunya dan sekarang banyak orang yang membutuhkan, imbuhnya.

Klik di sini untuk mendapatkan voucher Pegadaian

Meskipun begitu, sambung pria asal Sumatera Utara ini, jika adik-adik sudah sukses menghasilkan suatu produk aplikasi, desain visual atau kekayaan intelektual berupa merek, paten, hak cipta, dan desain industri, maka jangan langsung merasa nyaman dan aman, karena ketika usaha maju akan ada orang yang mencuri ide dan kreatifitas tersebut.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tutup Jambore Kader PKK, Ini Pesan Rasidah

Minggu, 30 Oktober 2022 | 18:11 WIB
X