DPRD Bersama Pemko Pekanbaru Sahkan APBD Perubahan Tahun 2022

- Jumat, 30 September 2022 | 16:37 WIB
Foto bersama Pimpinan DPRD Kota Pekanbaru bersama dengan Pj. Walikota Pekanbaru dan jajaran (Akmal/HRC)
Foto bersama Pimpinan DPRD Kota Pekanbaru bersama dengan Pj. Walikota Pekanbaru dan jajaran (Akmal/HRC)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pekanbaru mengesahkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Kota Pekanbaru Tahun Anggaran 2022.

Pengesahan itu berlangsung pada Jumat (30/9) besama Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru dalam sidang Paripurna yang digelar di Balai Payung Sekaki.

Pengesahan ini ditandai dengan penandatanganan persetujuan bersama Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun dan DPRD Pekanbaru tentang Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Perubahan APBD 2022 menjadi Peraturan Daerah (Perda).

Rapat paripurna ke-5 masa sidang kesatu tahun 2022/2023 ini dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Pekanbaru Muhammad Sabarudi ST didampingi Wakil Ketua DPRD Pekanbaru lainnya Ginda Burnama ST, Tengku Azwendi Fajri SE dan Ir Nofrizal MM.

Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pekanbaru mengesahkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Kota Pekanbaru Tahun Anggaran 2022. (Akmal/HRC)
Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun beserta Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru Muhammad Jamil, Asisten, Kepala OPD, Camat dan Forkopimda.

Pj Walikota Pekanbaru Muflihun menyampaikan bahwa APBD Perubahan tahun 2022 sebesar Rp2,521 Triliun ini berkurang sekitar Rp38 Miliar dari yang diajukan Pemko Pekanbaru sebelumnya sebesar Rp2,560 Triliun.

Pj. Wali Kota Pekanbaru, Muflihun (Akmal/HRC)
"Setelah pembahasan di perubahan, itu malah menurun menjadi Rp 2,521 T. Hal ini disebabkan adanya sektor pendapatan yang tidak bisa kita anggap tercapai. Mau tidak mau itu kita turunkan target, dan otomatis juga mengurangkan belanja kita," terang Muflihun.

Muflihun menyebut, menurunnya anggaran perubahan tahun 2022 ini disebabkan adanya sektor pendapatan yang dianggap tidak tercapai. Hal ini dinilai berpengaruh pada belanja.

"Kami ingin target pendapatan asli daerah (PAD) masuk akal. Setelah Banggar mencoba menelaah dan memgkaji, akhirnya ada target pendapatan yang terlalu besar. Itulah yang akhirnya coba kita kecilkan dan kurangi senilai Rp38 Miliar," ujar Muflihun.

Pj. Wali Kota Pekanbaru menandatangani berkas pengesahan APBD Perubahan 2022 (Akmal/HRC)
Bersamaan dengan itu, Ketua DPRD Pekanbaru Muhammad Sabarudi mengapresiasi Banggar dan TAPD yang telah bekerja keras dalam proses penyusunan APBD Perubahan Tahun 2022 sehingga akhirnya bisa disahkan dalam batas tenggat waktu yang ditentukan.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

UMK Pekanbaru 2023 Disepakati di Angka Rp3.319 Juta

Kamis, 1 Desember 2022 | 10:55 WIB
X