APBD-P Kuansing Tahun 2022 Gagal Disepakati, Nasib SK Guru PPPK dan TPP ASN Belum Jelas

- Sabtu, 1 Oktober 2022 | 17:58 WIB
Plt. Bupati Kuansing Suhardiman Amby kanan Kaban Bappendalitbang Samsir Alam kiri
Plt. Bupati Kuansing Suhardiman Amby kanan Kaban Bappendalitbang Samsir Alam kiri

HALUANRIAU.CO, KUANSING - Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) Riau batal disepakati sampai batas akhir 30 September 2022.

Pembatalan ini disebabkan sudah singkatnya waktu melanjutkan pembahasan ke tahap berikutnya setelah sekitar pukul 21.30 WIB belum juga disepakati Kebijakan Umum Perubahan APBD (KUPA) dan Prioritas Platform Anggaran Sementara (PPAS) Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Kuansing Tahun Anggaran 2022.

Sementara waktu tinggal lebih kurang 3 jam lagi sampai ke pukul 00.00 WIB tanggal 1 Oktober 2022, tentu sangat tidak wajar dan bisa cacat hukum bila dipaksakan dalam rentang waktu 3 jam bisa diselesaikan 7 tahapan tersisa untuk sampai ke Paripurna DPRD Pengesahan Ranperda APBD-P 2022.

Rentang waktu pembahasan APBD-P bersama legislatif dan eksekutif yang panjang menjadi mepet, diduga alotnya pembahasan-pembahasan di komisi-komisi terkait penyusunan KUA dan PPAS.

Baca Juga: Di Hari Libur Kerja, Cabjari Tarempa Beri Penyuluhan Hukum di SMAN 1 Palmatak

Dengan demikian membuat 3 agenda besar Pemerintah Kuansing akhir tahun 2022 belum jelas bisa direalisasikan, diantaranya pemberian SK kepada 600 lebih Guru PPPK, TPP ASN sekitar 5 bulan dan pelaksanaan Porprov X (ke-10, red) Riau November mendatang, anggaran Ketiga kegiatan tersebut direncanakan berada di APBD-P Kuansing yang batal disepakti terutama gaji PPPK dan TPP ASN.

Plt. Bupati Kuansing Suhardiman Amby mengatakan, dirinya belum bisa memastikan waktu pembagian SK PPPK kepada para guru -guru yang sudah dinyatakan lulus tes PPPK tahun 2021 yang lalu, sebab belum tersedianya anggaran penggajian di APBD murni 2022 dan direncanakan anggaran penggajian di APBD-P 2022. Begitu juga dengan TPP ASN dan Pelaksanaan Porprov X Riau 2022

Hal ini disampaikan oleh Plt. Bupati Suhardiman Amby Sabtu pagi (01/09) melalui konferensi pers di salahsatu kedai Kopi di Teluk Kuantan.

“Pembagian SK wewenang eksekutif jadi saya sebagai pimpinan belum bisa memastikan waktunya SK tersebut diberikan," kata Suhardiman Amby.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Terkini

X