Penting! Cegah Terjadinya Kebakaran Akibat Penggunaan Lampu Teplok

- Kamis, 29 September 2022 | 15:51 WIB
Ilustrasi lampu teplok (AliceKeyStudio)
Ilustrasi lampu teplok (AliceKeyStudio)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Dulu, lampu teplok sangat berguna sebagai sumber penerangan. Eksistensi lampu teplok masih bertahan sampai saat ini. Namun, sekarang lampu ini hanya digunakan oleh warga di perkampungan atau yang belum mendapat aliran listrik.

Biasanya lampu teplok dilengkapi dengan kaca semprong, sumbu, minyak tanah, dan gantungan. Cahaya dihasilkan dari minyak tanah yang menyerap langsung ke sumbu.

Seiring perkembangan zaman, listrik sudah ditemukan dan penggunaan lampu teplok mulai ditinggalkan.

Lampu teplok termasuk bahan yang mudah terbakar sehingga harus berhati-hati dalam penggunaannya.

Kebakaran yang disebabkan oleh lampu teplok sudah sering terjadi. Bahkan baru-baru ini terjadi kebakaran di Jalan Kubang Raya, Tampan, yang bersumber dari lampu teplok. Insiden ini terjadi pada Rabu (29/09/2022) sekitar pukul 09.00 WIB.

Baca Juga: Kebakaran Tewaskan Satu Lansia, Dua Rumah Warga Ikut Terkena Dampaknya!

Kebakaran ini menelan korban jiwa beserta rumahnya. Nasib malang dialami korban yang bernama Herman dan diketahui berusia lima puluhan.

"Bapak itu tinggal sendiri dan dengarnya iya ga ada listrik (dirumahnya, red)," kata Iin Purnanda sebagai tetangga korban.

Menurut kesaksian para tetangga, korban diketahui mengalami luka bakar yang mengakibatkan pecah di bagian perutnya. Kerugian material yang dialami sekitar puluhan juta.

Untuk saat ini penggunaan lampu teplok dinilai kurang efisien. Pengguna yang lalai dapat mengakibatkan musibah kebakaran yang tidak diinginkan. Bahkan dalam hal sepele pun dapat menimbulkan bahaya besar. Misalnya saat kita lupa mematikan lampu teplok dan api tertiup angin maka api dapat menjalar ke seluruh ruangan. Selain itu, jika minyak lampu teplok tumpah maka dapat memunculkan sumber api.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

UMK Pekanbaru 2023 Disepakati di Angka Rp3.319 Juta

Kamis, 1 Desember 2022 | 10:55 WIB
X