Tarif Parkir Pekanbaru Naik, Warga: Memberatkan, Apalagi Harga BBM Naik

- Rabu, 28 September 2022 | 19:26 WIB
Potret karcis terbaru parkir di Pekanbaru  (Taufik/HRC)
Potret karcis terbaru parkir di Pekanbaru (Taufik/HRC)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Tarif jasa layanan parkir di Kota Pekanbaru telah naik sejak 1 September lalu. Tarif ini mengalami kenaikan sebanyak Rp1.000 untuk kendaraan roda dua dan roda empat.

Penerapan kenaikan tarif parkir ini sesuai dengan Peraturan Wali Kota (Perwako) Pekanbaru No. 41 tahun 2022 tentang Perubahan Atas Peraturan Wali Kota Pekanbaru No. 148 tahun 2020 tentang Tarif Layanan Parkir pada UPT Perparkiran Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru sebagai Badan Layanan Umum Daerah yang ditandatangani oleh Walikota Pekanbaru saat itu, Firdaus pada 9 Mei 2022.

Dalam perwako tersebut, tarif parkir untuk kendaraan roda dua naik menjadi Rp2.000 untuk sekali parkir dan untuk mobil atau kendaraan beroda empat naik menjadi Rp3.000 untuk sekali parkir. Sementara untuk kendaraan beroda enam tidak mengalami kenaikan, masih dengan tarif Rp10.000 untuk sekali parkir.

Naiknya tarif parkir ini diharapkan dapat membantu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Beberapa pengendara motor mengaku kaget dengan harga tarif parkir yang sudah naik tersebut.

“Sedikit kaget sih, biasanya bayar cuman seribu,” ujar Desi saat diwawancarai di Pasar Selasa Panam, Rabu (28/09/22).

Beberapa pengendara lainnya merasa keberatan dengan adanya kenaikan tarif parkir ini. Mereka merasa hal ini tidak sesuai dengan kualitas pelayanan yang didapatkan.

“Harusnya disesuaikan dengan pelayanannya ya, jangan sama dengan yang sebelumnya. Soalnya ini agak memberatkan sih apalagi sekarang harga BBM naik, kadang cuman mau singgah beli minum di minimarket tapi tetap bayar parkir Rp2.000,” tambah Nita.

Namun, PT Yabisa Sukses Mandiri selaku pihak yang mengelola 88 ruas jalan di Pekanbaru menyatakan komitmen untuk meningkatkan pelayanan parkir yang dimulai dengan melengkapi juru parkir beberapa atribut berupa rompi, peluit, topi, payung dan karcis yang berlaku untuk sekali parkir.

Selain itu, juru parkir wajib menuntun kendaraan yang hendak keluar sesuai arah jalan yang hendak ditempuh pengendara dengan penuh tanggung jawab. Lalu, jika hujan para juru parkir harus mengantarkan pemilik kendaraan menuju toko yang hendak dituju.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jaksa Teliti Berkas Perkara Oknum ASN, Agusanto

Rabu, 2 November 2022 | 15:16 WIB
X