Zulkifli Hasan Beri Kuliah Umum Bagi Ribuan Mahasiswa UMRI

- Senin, 26 September 2022 | 20:08 WIB
Zulhas saat memberikan materi dalam acara kuliah umum didepan ribuan mahasiswa UMRI
Zulhas saat memberikan materi dalam acara kuliah umum didepan ribuan mahasiswa UMRI

 

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Ribuan mahasiswa Universitas Riau mengikuti kuliah umum, yang digelar Senin (26/9) dengan menghadirkan Menteri Perdagangan (Mendag) RI Dr (HC) H Zulkifli Hasan SE MM.

Dihadapan 2.412 mahasiswa baru UMRI, Zulkifli menyampaikan bahwa hidup itu adalah persaingan, harus mampu berkompetisi. Karena Tuhan memberi rahmatNya kepada seluruh ummat manusia.

"Karena itulah, nanti adek adek Mahasiswa ini akan ada yang cepat selesai kuliahnya, ada yang cepat dapat kerja dan ada pula yang sebaliknya," kata Zulkifli.

Semua itu, lanjutnya tergantung kepada individu masing masing, karena di bangku kuliah yang diberikan dosen itu sama, tinggal bagaimana kita bisa mengambil dan menerapkan ilmu yang diberikan dosen.

Baca Juga: Polisi Diminta Proaktif Ungkap Pelaku Peretasan Awak Media Narasi

"Terlebih kita yang beragama Islam, kita percaya tidak ada Tuhan selain Allah. Dalam lima waktu sholat kita melakukan evaluasi diri, harusnya kita bisa lebih maju," tegas Zulkifli.

Hidup ini kata Zulkifli kita boleh memilih, mau dibawa ke arah yang mana, semuanya sangat bergantung pada diri sendiri, karena itulah sebagai manusia yang diberi kelebihan oleh Allah, yakni akal dan pikiran, maka seharusnya bisa menjadi lebih baik dan lebih kuat dan tangguh.

"Zikir dan pikir itu kita sebut hikmah, gabungan pikiran yang menjadi ilmu pada pikiran yang kokoh itulah yang menghasilkan yang bermanfaat bagi orang banyak," ujarnya.

Dan untuk menjadi orang sukses itu harus dilatih sejak awal, kalau kita sebagai umat Islam itu bisa dilakukan dengan membiasakan bangun jam 4 pagi, sebelum sholat Subuh.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jaksa Teliti Berkas Perkara Oknum ASN, Agusanto

Rabu, 2 November 2022 | 15:16 WIB

Akses jalan ditutup, Mahasiswa Mengaku Terganggu

Senin, 31 Oktober 2022 | 15:17 WIB
X