Kuliah Umum di UNRI, Zulhas : Diperlukan Konsep Gagasan Cemerlang Hadapi Perubahan

- Senin, 26 September 2022 | 19:55 WIB
Zulhas saat memberikan materi dalam acara Kuliah Umum yang dihadiri ribuan mahasiswa UNRI.
Zulhas saat memberikan materi dalam acara Kuliah Umum yang dihadiri ribuan mahasiswa UNRI.

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Mengamati tantangan bangsa dalam konteks pertumbuhan ekonomi pada saat ini, negara Indonesia merupakan negara yang memiliki potensi bonus demografi pada tahun 2030-2040. Kondisi yang terjadi saat sebuah negara memiliki jumlah penduduk usia produktif yang lebih tinggi daripada penduduk usia non-produktif.

Hal ini disampaikan Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Riau (UNRI) Prof Dr M Nur Mustafa MPd mewakili Rektor Universitas Riau (UNRI) Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA pada acara Kuliah Umum dengan Menteri Perdagangan Republik Indonesia (RI) Dr (HC) Zulki5i Hasan SE MM, di Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Kampus Pa8muta UNRI, Senin (26/9).

“Bonus demografi dikaitkan dengan munculnya suatu kesempatan yang disebut dengan jendela peluang yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dimana bonus demografi dapat bermanfaat dalam mendorong pertumbuhan ekonomi merupakan instrumen yang sangat baik dalam mengurangi tingkat kemiskinan,” ujar Guru Besar Bidang ilmu Keguruan dan Pendidikan ini menjelaskan.

Baca Juga: Capella Honda Sukses Gelar Honda Premium Matic Day

Lebih lanjut, ujar M Nur, bonus demografi yang dimanfaatkan dengan optimal akan mengurangi kemiskinan dengan signifikan. Namun demikian, melimpahnya penduduk bisa menciptakan kondisi yang buruk jika tidak dikelola dengan baik.

"Melimpahnya penduduk usia kerja yang tidak memiliki keahlian dan keterampilan dapat meningkatkan tingkat pengangguran, tingkat kriminalitas, tingkat kemiskinan, dan menghambat pertumbuhan ekonomi, yang semua itu disebut dengan beban demografi," ucapnya.

Oleh karena itu, berbagai kebijakan perlu dirumuskan untuk dapat memetik manfaat melalui jendela peluang yang diperkirakan akan terjadi pada tahun 2030-2040 di Indonesia. Dalam mengoptimalkan manfaat bonus demografi, ada empat hal yang dapat dilakukan. Pertama, Mengembangkan kualitas manusia melalui pendidikan dan pelatihan, Kedua, Memperluas pasar tenaga kerja, Ketiga, Mengelola pertumbuhan populasi, dan Keempat, Meningkatkan tingkat kesehatan penduduk.

“Melalui upaya pengembangan kualitas manusia melalui pendidikan, Kuliah umum hari ini merupakan momentum bagi peserta mahasiswa UNRI untuk menambah literasi dalam konteks keilmuannya, sebagai upaya dalam menambah kualitas Sumber Daya Manusia untuk menghadapi tantangan dunia global yang akan dihadapi dalam kurun waktu yang tidak lama lagi,” ucap Wakil Rektor.

Baca Juga: Tampil Lebih Sporti, New Honda Vario125 Siap Bikin Bangga Penggunanya

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Tags

Terkini

Jaksa Teliti Berkas Perkara Oknum ASN, Agusanto

Rabu, 2 November 2022 | 15:16 WIB

Akses jalan ditutup, Mahasiswa Mengaku Terganggu

Senin, 31 Oktober 2022 | 15:17 WIB
X