Bapenda Bengkalis Menghimbau Wajib Pajak Manfaatkan Layanan Online

- Rabu, 21 September 2022 | 19:43 WIB
Petugas Bapenda Kabupaten Bengkalis menyerahkan SPT PBB-P2 kepada perangkat desa (Usman/HRC)
Petugas Bapenda Kabupaten Bengkalis menyerahkan SPT PBB-P2 kepada perangkat desa (Usman/HRC)

HALUANRIAU.CO, BENGKALIS - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Bengkalis terusa berupaya meningkatkan pelayanan pembayaran, pendaftaran dan pemutakhiran data pajak bumi dan bangunan perkotaan dan pedesaan (PBB-P2) dengan memanfatkan teknologi terkini.

Selain pembayaran PBB-P2 secara manual, masyarakat bisa melakukan pembayaran kewajiban perpajakan secara online, dimana sejak tahun 2020 lalu Bapenda Bengkalis telah melakukan terobosan pemanfaatan teknologi dengan memanfaatkan aplikasi https://simanjapadu.bengkalis.go.id dan citigov, kemudain pembayaran melalui ATM, Mobile Banking, Ecommerce (bukalapak, Tokopedia, Traveloka, Linkaja dan Gopay) dan juga modern chanel (indomaret).

“Kami mengimbau kepada masyarakat untuk dapat memanfaatkan pelayanan yang kami lakukan saat ini, serta kami mengingatkan jatuh tempo pembayaran perpajakan oleh wajib pajak adalah pada 30 september setiap tahunnya. Diminta agar masyarakat dapat sesegera mungkin melakukan pembayaran perpajaknnya sebelum jatuh tempo, karena pajak yang masyarakat bayarkan merupakan pendapatan asli daerah (PAD) yang fungsinya untuk pembangunan Kabupaten Bengkalis," ujar Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Bengkalis, Syahruddin, Selasa (20/9/2022).

Dipaparkan Syahruddin, sejak Agustus 2021 Bapenda Bengkalis telah melaksanakan Pelayanan Pembayaran Pendaftaran dan Pemutakhiran data PBB dan penagihan serta penyisiran PBB P2 di 7 kecamatan di Kabupaten Bengkalis. Kecamatan yang telah di laksanakan pelayanan dimaksud adalah Bengkalis, Bantan, Talang Muandau, Bathin Solapan, Mandau, Rupat dan Rupat Utara.

“Kami berupaya meningkatkan penerimaan pajak daerah, dimana upaya yang telah kami lakukan adalah membuka pelayanan pembayaran pendaftaran dan pemutakhiran data PBB P2 yang telah dilaksanakan di 7 kecamatan,” ungkap Syahrudin.

Baca Juga: Kreatif! Warga Binaan Lapas Bangkinang Produksi Barang Mebel

Adapun tujuan pelayanan ini untuk memudahkan pelayanan pembayaran pajak tahunan oleh masyarakat khususnya masyarakat yang memiliki SPT PBB P2, dalam layanan ini juga bisa dilakukan perubahan data jika ada perubahan dari masyarakat, diharapkan dengan adanya pelayanan ini masyarakat dapat datang ke lokasi yang ditetapkan petugas dari Bapenda.

Tingginya penerimaan pajak juga harus ditunjang oleh peranan sejumlah pihak mulai dari peran aktif masyarakat sebagai wajib pajak hingga aparatur pemerintah sampai ke tingkat bawah. Sebagai perangkat daerah yang paling bawah dan bersentuhan langsung dengan masyarakat, maka pemerintah desa dan kelurahan juga ikut mengemban tugas memfasilitasi pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan.

Selain itu perlu disadari bahwa berhasilnya suatu pembangunan tidak semata-mata dengan tersedianya sarana dan prasarana, akan tetapi yang sangat penting adalah keikutsertaan masyarakat secara sadar dalam proses pembangunan. Dalam usaha untuk meningkatkan PBB-P2 di Kabupaten Bengkalis, salah satu faktor yang menentukan adalah bagaimana pemerintah Kabupaten Bengkalis dapat menyadarkan masyarakat untuk melakukan kewajibannya dalam membayar pajak.

"Kerja sama antara pemerintah desa dan kelurahan dengan Badan Pendapatan Daerah adalah dalam penyampaian pembinaan dan pengertian masyarakat akan pentingnya membayar pajak bumi dan bangunan," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Paripurna Istimewa Hari Jadi ke-510 Bengkalis

Senin, 1 Agustus 2022 | 15:59 WIB

Ini Tips Berboncengan dengan Posisi Menyamping

Senin, 4 Juli 2022 | 15:58 WIB
X