Segel Kantor Kepenghuluan, Warga Tolak Riani Jadi Pj Penghulu Bangko Bakti

- Rabu, 21 September 2022 | 16:19 WIB
Spanduk protes masyarakat Kepenghuluan Bangko Bakti atas penunjukan Riani sebagai Pj Penghulu. (Jhoni/HRC)
Spanduk protes masyarakat Kepenghuluan Bangko Bakti atas penunjukan Riani sebagai Pj Penghulu. (Jhoni/HRC)

HALUANRIAU.CO, ROKAN HILIR - Sejumlah masyarakat menolak masuknya Penjabat (Pj) Penghulu Bangko Bakti, Kecamatan Bangko Pusako yang diangkat oleh Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong.

Aksi penolakan terjadi di kantor Kepenghuluan Bangko Bakti terhadap Pj Penghulu yang bernama Riani, Rabu (21/9/2022) pagi. Bahkan warga menyegel kantor dengan spanduk yang bertuliskan "Kami warga Bangko Bakti menolak Keputusan Bupati Rokanhilir atas pengangkatan Pj dari seorang guru".

Aksi tersebut terekam lewat video yang diterima haluanriau.co. Dalam video tersebut, seorang pria protes lantaran pengangkatan Riani yang tidak diketahui oleh masyarakat.

Pria tersebut mengatakan, dari tahun 1974 sejak Bangko Bakti dibentuk, ia bersama warga ikut membangun desa tersebut.

"Tanah kami wakafkan menjadi prasarana desa. Contohnya tanah desa ekspres kilometer 17 adalah gagasan kami orang putra daerah. Intinya kami masyarakat di sini telah lama," kata pria tersebut.

Warga tersebut juga mengatakan bahwa dirinya dan masyarakat lain yang sudah lama bermukim di desa tersebut merasa dikucilkan Bupati Rohil.

"Diangkat Pj tidak melalui kemauan kami dan tidak berdasarkan peraturan, bahkan tidak ada musyawarah dengan kami. Tengah malam dilantik, kami protes," ujarnya.

Sementara salah satu pria berbaju merah yang berada sebelah Pj Penghulu menuturkan jika ada masyarakat Bangko Bakti keberatan dengan ibuk ini silakan buat surat pernyataan dan dilayangkan ke Bupati Rokan Hilir dan langsung dijawab warga lainya sudah dilayangkan.

Sebelumnya, Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong melantik sebanyak 35 orang penjabat penghulu dari 35 desa yang masa jabatan penghulu nya telah habis. Pelantikan tersebut dilaksanakan di Gedung Misran Rais Bagansiapiapi, Senin (19/9/2022) malam.

(Jhoni)

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X