Plt. Bupati Suhardiman Amby Dorong Kesadaran Masyarakat Memberikan Data Yang Akurat Kepada Petugas Sensus BPS

- Selasa, 20 September 2022 | 17:36 WIB
 (Jon/HRC)
(Jon/HRC)

HALUANRIAU.CO, KUANTAN SINGINGI - Plt. Bupati Kuantan Singingi (Kuansing), Riau, Suhardiman Amby mendorong kesadaran masyarakat Kabupaten Kuansing untuk memberikan data yang akurat kepada petugas sensus Sosial dan Ekonomi yang akan dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kuantan Singingi dalam masa dekat ini.

Menurut Suhardiman Amby Pemerintah dalam membuat kebijakan harus berdasarkan data yang akurat, sehingga kebijakan pemerintah untuk menuntaskan kemiskinan tak salah arah.

"Sebuah pembangunan itu harus berangkat dari data yang akurat, apapun perencanaan dimulai dari data. tujuan pendataan awal Regsosek ini dilakukan untuk mengetahui data masyarakat dalam menuntaskan kemiskinan terutama di Kabupaten Kuantan Singingi," kata Plt. Bupati Suhardiman Amby saat Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) tentang pendataan awal registrasi Sosial dan Ekonomi (Regsosek) di Hotel Angela Teluk Kuantan, Kecamatan Kuantan Tengah, Selasa 20/09/2022.

"Harus dilakukan pendataan awal yang maksimal, sehingga kita mengetahui lokus-lokus apa yang harus diperbaiki dalam menuntaskan kemiskinan di Kabupaten Kuantan Singingi ini, dalam hal ini juga dengan tujuan meningkatkan Ekonomi dan Sosial yang baik untuk masyarakat," tegasnya.

Sementara Kaban Bappendalitbang Kuansing, Samsir Alam yang turut menjadi narasumber juga mengucapkan hal yang sama.

Baca Juga: Persaja Kejati Riau Polisikan Pemilik Akun YouTube Quotient TV

"Pemerintah membutuhkan data yang akurat untuk membuat perancanaan, makanya kita dorong juga partisipasi statackholder seperti camat, Kepala Desa, Kadus dan RT bisa membantu memberikan data real kondisi masyarakat," pintahnya.

Samsir Alam mengatakan pemerintah memiliki 5 Perananan, pertama Stimulan dimana Pemerintah bisa mendorong program-program yang selalu menunjukkan kesejahteraan, kedua regulasi, ketiga registrasi, Demonisator.

Kemudian Kepala BPS Kuansing, Budianto juga mengatakan, sesuai arahan dan peraturan presiden tujuan dari regsorsek guna untuk mendorong percepatan penghapusan kemiskinan ekstrim, regsosek ini juga sama dengan sensus yang akan dilakukan oleh petugas yang sudah kami instruksikan.

"BPS meminta bantuan kepada kepala OPD dan Camat juga ikut berkontribusi mensukseskan pendataan ini," ucapnya.

Untuk kategori keluarga yang miskin, rumahnya di foto dengan ketentuan Variabel yang dilakukan, mengenai tenaga kerja, kesehatan, perlindungan sosial yang sudah di salurkan pemerintah, pemberdayaan ekonomi dan pendidikan," pungkasnya.

Diketahui kegiatan Rakorda tersebut dihadiri Forkompinda lengkap Kuansing, para Kepala OPD, Camat se Kuansing dan Forum Kades se- Kuansing.

(Jon)

Baca Juga: Hujan Deras Disertai Angin Kencang, Pohon Besar Depan BRI di Perawang Tumbang Hingga Menutup Jalan

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X