Uang Saku Terkuras, Mahasiswa Keluhkan Naiknya Harga BBM

- Senin, 19 September 2022 | 15:39 WIB
Antrian mengisi minyak di SPBU Panam, Kecamatan Tampan, Senin (19/9/2022). (Yani/HRC)
Antrian mengisi minyak di SPBU Panam, Kecamatan Tampan, Senin (19/9/2022). (Yani/HRC)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) berimbas pada uang saku mahasiswa. Mahasiswa mengeluh dengan tingginya harga BBM. Mau tidak mau mahasiswa terpaksa memangkas uang saku.

BBM sudah termasuk ke dalam kebutuhan yang harus disanggupi, baik kalangan pelajar ataupun mahasiswa. Mau bagaimanapun mahalnya harga BBM, jika tidak ada kendaraan tidak bisa kemana-mana. Hal ini disampaikan oleh seorang mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi yang sedang magang di Telkom.

“Bukan karena sering jalan-jalan, tapi memang itu (BBM, red) kebutuhan. Kalau gak ada kendaraan gak bisa kemana-mana” jelas Tarisa, mahasiswa yang ngekos di Garuda Sakti KM 1, Senin (19/9/2022).

Jauhnya jarak kos dan tempat magang, mengharuskan mahasiswa magang itu untuk mengisi minyak dengan jumlah uang yang tidak sedikit. Tarisa mengaku mengisi full minyak motornya dengan uang sebanyak Rp.45.000 untuk 5 hari kedepan.

“Kemaren isi Pertamax full Rp45.000, biasanya tahan untuk 5 hari dari kos ke tempat magang,” tutur Tarisa.

Baca Juga: Event Index 2022 Jelajah Rimba Bukit 30 ,Trek Menantang, Puluhan Offroader Dilepas

Dengan besaran uang saku yang tetap sama seperti sebelum naiknya harga BBM. Mahasiswa mengaku harus berhemat agar uang yang diberikan orang tua mereka itu cukup hingga waktu pengiriman uang saku berikutnya.

Seorang mahasiswa dari Fakultas Syariah dan hukum mengaku harus mengakali uang saku yang diterimanya. Mengatur pengeluaran untuk hal-hal yang diperlukan terlebih dahulu dan mengurangi keinginan yang kurang diperlukan.

“Yang biasanya itu sering keluar-keluar pergi kemana-mana gitu lebih dikurangi, karena kita dalam rangka penghematan bahan bakar. Alokasi dana dipindah ke yang lebih prioritas” papar shafwan, seorang DUTA Fakultas Syariah dan Hukum.

Naiknya harga BBM, mengharuskan mahasiswa mengurangi pengeluaran yang kurang diperlukan seperti pergi jalan-jalan ataupun keluar kos untuk pergi nongkrong.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

UMK Pekanbaru 2023 Disepakati di Angka Rp3.319 Juta

Kamis, 1 Desember 2022 | 10:55 WIB

APBD Pekanbaru 2023 Sah 2,699 Triliun

Selasa, 29 November 2022 | 22:40 WIB
X