Tahun Depan Pemkab Kuansing Berikan Beasiswa Kuliah di UGM, Suhardiman Amby: Kita Prioritaskan Pembangunan SDM

- Senin, 19 September 2022 | 12:16 WIB
Plt. Bupati, Suhardiman Amby saat Penandatangan MoU dengan UGM yang didampingi Pejabat Pemkab Kuansing (Jon/HRC)
Plt. Bupati, Suhardiman Amby saat Penandatangan MoU dengan UGM yang didampingi Pejabat Pemkab Kuansing (Jon/HRC)

HALUANRIAU.CO, KUANSING - Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau, tahun 2023 akan mengirimkan minimal 30 orang masyarakat Kuansing untuk kuliah di Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta. Pemkab Kuansing berjanji akan memberikan beasiswa kepada para siswa-siswi yang memiliki prestasi akan diberikan beasiswa berkuliah di UGM.

Rencana pemkab Kuansing memberikan beasiswa untuk kuliah di UGM dibuktikan dengan sudah di tandatanganinya sebuah nota kesepahaman atau MoU dengan UGM Rabu tanggal 14 September 2022 di Bulaksumur, Yogyakarta.

Dari Pihak Pemkab Kuansing langsung di tandatangani oleh Plt. Bupati Suhardiman Amby sementara pihak UGM diwakili Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengembangan Usaha dan Kerja Sama, Ignatius Susatyo Wijoyo.

Suhardiman Amby kepada media menyebutkan Pemkab Kuansing saat ini sudah menjalin kerja sama dengan Universitas Gajah Mada (UGM) guna memacu peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia di daerah ini. Kerja sama itu diwujudkan dengan pemberian Beasiswa atau ‘kuliah gratis’ bagi putera daerah Kuansing di UGM.

“Kerja sama yang dijalin Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi (Pemkab Kuansing, red) ini merupakan program strategis dan terobosan baru. Apalagi UGM sudah lama dikenal sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terkemuka di Indonesia,” ungkap Plt. Bupati Kuansing.

Baca Juga: Dukung Program Menparkraf, Sekda Dedy Sambudi: Pemkab Kuansing Dorong Lahirnya Pokdarwis di Kuansing

Menurutnya, sebagai wujud kerja sama tersebut pihak Pemkab Kuansing sudah menanda tangani naskah kesepahaman dengan UGM di Kampus UGM, Bulaksumur, Yogyakarta, Rabu (14/9/2022).

Salah satu pertimbangannya memilih UGM adalah karena UGM sudah memiliki jaringan kerja sama Internasional dengan berbagai perguruan tinggi ternama di Luar Negeri. Sebab, bagi para putera daerah Kuansing yang kuliah Strata 1 (S1) di UGM nantinya setelah tamat akan diberi pula beasiswa untuk melanjutkan S2 dan S3 ke berbagai Universitas Luar Negeri yang sudah lama bekerjasama dengan UGM tersebut.

“Untuk tahap awal mulai tahun depan Pemkab Kuansing akan mengirim calon mahasiswa ke UGM setidaknya 30 - 50 orang ‘Bibit Unggul’ daerah yang akan diseleksi dari seluruh sekolah menengah (SMA dan Madrasah) yang ada di Kuansing. Sistem seleksinya tidak rumit, untuk tahap pertama ini akan diambil dari para siswa berprestasi 10 besar atau memiliki prestasi khusus di masing-masing sekolah.

Adapun kebutuhan mendesak SDM untuk mengisi formasi Pemkab Kuansing ke depan di antaranya adalah, Lulusan Kedokteran, Jurusan Teknik, Teknik lingkungan, Teknik Informatika, Tehnik jaringan, Arsitektur, Farmasi, Tehnik elektromedik, Meteorologi dan geofisika, Statistik, Akuntansi serta Rekayasa dan Industri (Hilirisasi) Perkebunan dan Pertanian Tanaman pangan.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X