Dukung Program Menparkraf, Sekda Dedy Sambudi: Pemkab Kuansing Dorong Lahirnya Pokdarwis di Kuansing

- Senin, 19 September 2022 | 12:00 WIB
 (Jon/HRC)
(Jon/HRC)

HALUANRIAU.CO, KUANTAN SINGINGI – Guna untuk memaksimalkan potensi-potensi pariwisata di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau sehingga bisa terwujudnya Kuansing mejadi salah satu daerah wisata maka Pemerintah Daerah Kuansing akan menghidupkan dan menambah Pembentukan Kelompok sadar Wisata (Pokdarwis) di setiap Desa yang memiliki potensi alam wisata.

Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Kuantan Singingi Dedy Sambudi pasca mengikuti acara peresmian Desa Kreatif di Kabupaten Kampar Sabtu kemarin oleh Menparkraf Sandiaga Uno, dimana sebanyak 50 Desa di Kabupaten Kampar diresmikan menjadi Desa Kreatif.

“Kuansing juga memiliki potensi wisata yang cukup bagus untuk menjadi daerah wisata maka perlu dihidupkan kembali pokdarwis di Kuansing  dan kapan perlu ditambah pokdarwis sesuai potensi destinasi daerah atau desa terkait," ujar Dedy Sambudi kepada media.

“Saat ini kita sedang koordinasikan pembentukan Desa Kreatif di Kuansing," singkatnya.

Baca Juga: Antisipasi karhutla, First Resources Rutin Gelar Pelatihan Dalkarbunla

Hal yang sama juga disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata Kuansing Azhar, memperkuat Pokdarwis terutama untuk Desa - desa yang memiliki daya Tarik, karena Pokdarwis memiliki peranan memberikan pemahaman sadar wisata kepada masyarakat.

Selain Dedy Sambudi dan Azhar juga turut hadir Anggota DPRD Kuansing Azrori Analke Apas ke Kabupaten Kampar, menurut Azrori yang juga Ketua Dewan Pembina Kuansing Promotion Community.

"Terkait kegiatan peresmian 50 desa kreatif dikabupaten Kampar kami berharap ini bisa menjadi acuan dan motifasi bagi kita di OPD terkait, pemerintah desa, para penggiat wisata dan seluruh elemen masyarakat untuk bisa segera mewujudkan desa kreatif dikabupaten kuantan singingi, karena kita juga memiliki potensi yang tidak jauh berbeda dengan Kabupaten Kampar," katanya.

“Saya berharap perlu adanya sinergitas, tak perlu malu untuk belajar dengan kabupaten tetangga kita (Kampar, red) karena mereka juga dulunya seperti kita banyak belajar dari daerah -daerah yang sudah sukses mengelola pariwisata," sebutnya.

"bagi para penggiat promosi pariwisata untuk menyampaikan hal -hal yang baik tentang negeri ini bukan sebaliknya karena ini adalah ajang promosi daerah kita," pintahnya.

Kepada Instansi terkait, kami juga berpesan agar segera meng SK kan Pokdarwis.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X