Kejari Pelalawan Lakukan Penerangan Hukum Berkolaborasi dengan Program Pengabdian Masyarakat FH UIR

- Kamis, 15 September 2022 | 20:42 WIB
 (Raf/HRC)
(Raf/HRC)

HALUANRIAU.CO, PANGKALAN KERINCI - Kejaksaan Negeri Pelalawan menggandeng Universitas Islam Riau melakukan penyuluhan penerangan hukum dalam pelaksanaan nyata dari perjanjian kerjasama kedua belah pihak, dengan tema Sosialisasi Upgrading permasalahan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) bagi aparat penegak hukum, Kamis (15/9/2022), di aula DPRD Kabupaten Pelalawan.

Kejari Pelalawan, Muhammad Nasir dalam sambutannya menyampaikan sosialisasi penerangan hukum dalam pelaksanaan nyata dari perjanjian kerjasama antara kedua belah pihak berkolaborasi dengan Fakultas Hukum Universitas Islam Riau program pengabdian masyarakat.

"Kegiatan penerangan hukum ini ditaja oleh Kejari Pelalawan dengan menghadirkan narasumber sebagai penyampai materi oleh Prof. H. Abd.Thalib Sm," ujar Kasi Intel Kejari Pelalawan Fusthathul Amul Husni.

"Materi penerangan hukum yang di sampaikan prof Thalib adalah yang berkaitan dengan pengetahuan Hak kekayaan Intelektual (HKI), Kasi intel Kejari Pelalawan, Fusthathul menyampaikan Kejari Pelalawan memilih tema dengan berkaitan dengan HKI ini, dikarenakan isu kekayaan intelektual merupakan isu yang paling seksi, karena pentingnya mendaftarkan ide seseorang agar tidak sembarangan dicuri oleh para penjiplak atau penyontek ide, sehingga keaslian ide tersebut tetap berada pada kepemilikan yang sah." tambah Fusthathul.

Baca Juga: Tim JMS Kejari Sampaikan Materi Kenakalan Remaja di SMP Negeri 1 Pekanbaru

Profesor Thalib sebagai pemateri menjelaskan bahwa HKI itu ada 2 jenis yaitu Hak Cipta Kekayaan Intelektual yang di atur dalam undang undang nomor 28 tahun 2014 dan hak kekayaan industri. Hal yang paling mendominasi saat ini adalah seperti maraknya produk luar negeri yang lebih mendominasi pasar dalam negeri dibandingkan dari pada produk lokal. Terlebih saat ini di Indonesia masih banyak produk yang belum mendaftarkan hak ciptanya, padahal menurut beliau ciri ciri negara maju adalah negara yang memiliki banyak HKI.

"Kepada penegak hukum agar dapat menindaklanjuti kasus pemalsuan dan pembajakan produk dengan lebih baik lagi," tutup kasi intel Fusthathul.

Wakil Bupati Pelalawan, Nazaruddin menyampaikan terimakasih kepada Kejaksaan Negeri Pelalawan dan Universitas Islam Riau yang telah melibatkan pemerintah Kabupaten Pelalawan  dalam hal kegiatan penyuluhan penerangan hukum tentang HKI ini.

(Raf)

Baca Juga: Jalin MoU dengan UNRI dan Taja Kuliah Umum, Maryono Harapkan Mahasiswa Jadi Duta Investasi Pegadaian

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Musim Mas Bangun Jembatan di Desa Talau

Senin, 28 November 2022 | 16:33 WIB

H. Abdullah tanggapi Seleksi Penerimaan Calon PPPK

Jumat, 25 November 2022 | 15:13 WIB
X